Patroli di Pasar Lawawoi, Cara Polres Sidrap Tekan Angka Kriminalitas

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Guna meminimalisir terjadinya angka kriminalitas yang terjadi, Satuan Sabhara Polres Sidrap rutin menggelar patroli di wilayah hukum Polres Sidrap.

Seperti yang dilakukan di Pasar Lawawoi Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sidrap, Selasa (10/10/17) Pagi. Polisi menyisir beberapa area yang dianggap rawan terjadi tindak pidana seperti copet maupun curanmor.

Kasat Sabhara AKP Galigo menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan hal yang rutin dilakukan guna tetap menjaga kondusifitas khususnya di wilayah Kabupaten Sidrap.

“Ini merupakan tugas pokok kami selain pasar kami juga menyisir berbagai tempat rawan tindak pidana seperti terminal, obyek vital maupun area pertokoan” ujar Galigo.

Pada kesempatan tersebut, selain patroli polisi juga tak lupa menyampaikan beberapa pesan-pesan maupun himbauan Kamtibmas kepada warga.

“Di sela-sela kegiatan, kami juga memberi pesan kepada masyarakat untuk tetap senantiasa waspada akan kejahatan dengan memarkir kendaraan menggunakan pengaman tambahan serta tidak menggunakan perhiasan yang mencolok dan berlebihan khusunya bagi para ibu-ibu,” lanjutnya.

Pria kelahiran Pinrang ini berharap dengan patroli rutin tersebut angka kriminalitas dapat ditekan dan situasi yang kondusif dapat tercipta.

“Semoga keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Sidrap dapat terjaga sehingga aktifitas kita senantiasa berjalan lancar,” tutupnya.

Kegiatan patroli yang dilakukan oleh anggota Polri merupakan salah satu wujud meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat, termasuk dalam memberikan rasa aman.

Patroli yang dilakukan oleh Polri bertujuan untuk meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, pencegahan bertemunya faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya kriminalitas, pencegahan terjadinya gangguan Kamtibmas.

Tujuan patroli juga agar memberikan rasa aman, perlindungan dan pengayoman masyarakat, diperolehnya informasi tentang kemungkinan timbulnya gangguan kamtibmas, serta pembatasan gerak provokator dan separatis di tengah-tengah masyarakat.

Sebagaimana tugas pokok Kepolisian yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 2 tahun 2012 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia yaitu melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, serta menegakkan hukum dihadapkan dengan kondisi dan karakteristik masyarakat yang modern.

Arti kata patroli dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti perondaan. Salah satu pengemban tugas patroli adalah fungsi Sabhara yang terdiri dari unit Patroli Kota (Patko) maupun Patroli Sepeda Motor (Patmor). Kegiatan perondaan yang dilakukan unit Patroli dengan cara menyusuri jalan jalan, perkantoran, pusat keramaian dan seterusnya.

Penggunaan kendaraan Patroli baik mobil maupun sepeda motor, memang terasa sekali manfaatnya dari segi kecepatan. Dengan kendaraan tersebut anggota Polisi dapat dengan cepat tiba di lokasi kejadian atau dengan cepat dapat merespon panggilan permintaan bantuan dari masyarakat. Akan tetapi penggunaan kendaraan dapat membatasi ruang pertemuan antara masyarakat dengan Polisi itu sendiri, ketika anggota unit patroli terlalu lama berputar putar di dalam kendaran, maka kontak dengan masyarakat menjadi berkurang.

Penulis : Taufik

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password