Tumbuhkan Kesadaaran Masyarakat akan Pentingnya Keamanan, Polres Soppeng Sambangi Kantor Kecamatan Lilirilau

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Tim Binluh Ops Bina Kusuma Lipu Polres Soppeng yang dipimpin oleh Kasubbag Humas Polres Soppeng Akp Muhajir, kembali melaksanakan pembinaan dan penyuluhan Kamtibmas di Kantor Kecamatan Lilirilau Soppeng, Senin (9/10/17).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Camat Lilirilau Andi Dhamrah S.Sos M.M, dihadiri oleh Waka Polsek Lilirilau Ipda Agung Abimanyu S.H, para Lurah dan Kades se Kecamatan Lilirilau, tomas, toga, dan toda, Kadus, dan staf kantor Kecamatan.

Dalam sambutannya Camat Lilirilau mengungkapkan harapannya agar para peserta yang hadir bisa memanfaatkan moment penyuluhan ini sebagai sarana untuk memperoleh informasi, serta menyampaikan perkembangan yang terjadi di lingkungan masing masing.

Selanjutnya dalam penyampaian himbauan Kamtibmas, Kasubbag Humas Polres Soppeng menjelaskan ops bina kusuma yang tengah dilaksanakan oleh jajaran Kepolisian ini bertujuan untuk mengajak dan menciptakan kesadaran masyarakat terhadap keamanan dan ketertiban guna menunjang pembangunan dan perekonomian khususnya di Kab. Soppeng.

Terkait maraknya kasus pencurian, Kasubbag Humas menyampaikan agar himbauan tentang kewaspadaan terhadap pencurian ini diteruskan kepada kerabat, keluarga maupun tetangga, saling mengingatkan. “Solusi kunci pengamanan untuk roda dua sangat efektif untuk mencegah Curanmor, tapi sering disepelekan karena tidak dibiasakan.”

Menutup kegiatan Camat Lilirilau mengungkapkan bahwa usulan tentang pembuatan Poskamling di Desa akan segera direalisasikan yang masing masing dikordinir oleh Lurah dan Kades bersama bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Saat ini Poskamling menjadi penting mengingat situasi lingkungan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi juga mengantisipasi modus-modus pencurian yang kian meningkat.

Poskamling merupakan istilah dari pos keamanan lingkungan. Bila kita perhatikan keamanan dan ketertiban lingkungan sangat penting adanya. Untuk mewujudkannya lingkungan yang aman dan nyaman, maka perlu dibangun kembali pos sistem keamanan lingkungan atau Poskamling dan pos jaga di sejumlah wilayah.

Peran serta masyarakat untuk menjaga keamanan wilayah sangat penting. Tujuan diadakannya poskamling itu sendiri adalah untuk menjaga keamanan. Aparat tanpa didukung peran serta masyarakat juga hasilnya tidak akan bisa maksimal. Dengan peran serta warga maka akan lebih mudah menciptakan lingkungan yang aman, tertib dan nyaman.

Meskipun terlihat sederhana poskamling keberadaannya sangat penting. Melalui pengadaan poskamling keamanan lingkungan perumahan akan lebih terjaga dari tindakan kejahatan. Sistem keamanan lingkungan pada lingkungan perumahan perlu untuk diberdayakan. Hal ini bisa dilakukan melalui penjadwalan untuk menjaga lingkungan perumahan mereka.

Keberadaan pos kamling ini difungsikan menjadi sebuah tempat untuk melakukan pengawasan dan pengamanan lingkungan warga masyarakat setempat sebagai pengamanan swakarsa. Seyogyanya, tempat yang dibangun oleh swadaya masyarakat ini perlu adanya perawatan, sehinga layak dipergunakan sebagai tempat istitahat para petugas pos kamling.

Penulis : Marwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password