Kompas Tv Undang Kabid Humas Polda Kalbar Bahas Kenakalan Remaja

Tribratanews.go.id, Polda Kalbar – Kabid Humas Polda Kalbar AKBP Nanang Purnomo menghadiri acara dialog interaktif di Kompas Tv yang membahas kenakalan remaja di wilayah hukum Polda Kalbar, Senin (9/10/2017).

Nanang mengatakan,”Kenakalan remaja marak terjadi di wilayah hukum polda kalbar salah satunya penyalahgunaan narkoba yang telah merambah ke generasi muda. Kasus narkoba tidak hanya di kota saja tapi juga sudah merambah ke pelosok-pelosok daerah.

Kenakalan remaja untuk tindak pidana penyalahgunaan narkoba akan dilakukan pemeriksaan. Apabila korban dibawah umur akan di lakukan rehabilitasi dengan pertimbangan dari penyidik polri apakah korban atau pengedar. Umur untuk remaja dibawah umur dibawah 18 tahun. Dibawah 18 tahun tidak akan disamakan dengan orang dewasa karena masih dapat dibina, tambahnya.

Kenakalan untuk remaja penyebabnya terdiri dari beberapa faktor yaitu keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Polri punya tugas preemtif dan preventif menyikapi hal ini. Kegiatan preemtif harus dikedepankan melalui pencegahan melalui sosialisasi baik di keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat.

Dilingkungan sekokah terdapat kenakalan remaja mungkin karena guru tidak memberi suri tauladan yang baik dengan tidak masuk pada jam pelajaran berlangsung. Untuk itu guru dan murid harus di tetapan kedisiplinan. Disiplin disini maksudnya yaitu masih dalam hal kewajaran untuk disekolah seperti peringatan.

Peran dalam orangtua juga harus terus melakukan pengawasan baik di dalam rumah maupun diluar rumah seperti menanyakan ke guru disekolah bagaimana perilaku anaknya disekolah.

Nanang berharap untuk seluruh masyarakat kalimantan barat sering melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya baik dirumah maupun disekolah. Kemudian di lingkungan masyarakat untuk pergaulan anak harus juga di awasi. Dengan pekerjaaan orang tua yang padat kita harus tetap mengawasi anak-anak kita.

Penulis : Tio PNC

Editor : Alfian

Publish : Dhean

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password