Forum Keserasian Pekon Sumberagung Pringsewu Lampung Gelar Dialog Tematik

‎Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung. Bhabinkamtibmas Polres Tanggamus Brigadir Bambang Desmanto menghadiri Dialog Tematik yang digelar Forum keserasian sosial Pekon Sumberagung, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu di Balai Pekon Sumberagung, Senin (9/10/17).

Bertajuk “Membangun Toleransi Antar Umat Beragama”, diikuti sekitar 70 warga Pekon Sumberagung ‎dari berbagai lintas agama dan profesi dan dibuka oleh Wakil Bupati Pringsewu Dr. H.Fauzi.

Sebagai pemateri pada dialog itu yakni dari perwakilan beberapa tokoh agama, seperti Ketua  Parisada Hindu ‎Dharma Kabupaten Pringsewu I Nyoman Desten, Ketua Pemuda Katolik Komcab Pringsewu Didik Budiawan, Pimpinan GP Ansor NU Kabupaten Pringsewu Hisbullah Huda.‎Ketua Muhammadiyah Kabupaten Pringsewu H.Ator Riyadi.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pringsewu Arif Nugroho menuturkan, pihaknya memberi apresiasi kepada aparat Pekon Sumberagung yang mempunyai inisiatif untuk mengumpulkan warganya guna berdialog tentang membangun kerukunan dan toleransi umat beragama.

‎Sedangkan Kepala Pekon Ahmad Hijar ‎ pada sambutannya mengucapkan terima kasih dan mohon arahan dari Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi.”Kepada Bapak Wakil Bupati Pringsewu, kami mohon warga kami diberikan pengarahannya,”pinta Ahmad Hijar.

Sementara sebelum arahan Wakil Bupati Pringsewu, terlebih dulu berlangsung peyerahan Prasasti Keserasian Sosial Kepada Kepala Pekon Sumberagung Ahmad Hijar dan perwakilan Pekon Mulyorejo Kecamatan Banyumas

Wakil Bupati Pringsewu H.Fauzi pada arahannya menuturkan bawa  di Indonesia terdapat berbagai daerah terdiri dari berbagai macam suku bangsa, ras dan agama. Hal itu merupakan keragaman dan suatu kekayaan.”Maka  patut disyukuri bersama karena hingga kini tetap terjalin hubungan dan kerukunan dengan baik,”paparnya.

H. Fauzi mengharapkan kepada masyarakat Pekon Sumberagung kususnya. Kendati berbeda suku, ras dan agama namun agar tetap selalu akur, rukun, saling menghormati, menghargai ‎serta saling tolong-menolong.”Sehingga nantinya masyarakat akan hidup  nyaman dan tenang. Karena adanya rasa saling kepedulian antar sesama,”ujarnya.

Menurutnya jika ada sekumpulan masyarakat ditemukan  ada suatu permasalahan yang melenceng maka pihak masyarakat juga  pamong agar segera membenahinya  supaya tidak melebar dan membesar  lebih jauh lagi.”Maka hal inilah tujuan  pertemuan dan silaturahmi seperti ini dilakukan,”jelasnya.

Hi. Fauzi mengharapkan agar jalinan silalaturahmi ini terus berlanjut dan berkesinambungan. Sebab alangkah indahnya jika dalam kehidupan bermasyarakat untuk tetap saling tolong-menolong sesama umat beragam. “Insya Allah pasti rejeki akan lancar. Sebab tidak ada gunanya banyak uang jika  sering terjadi keributan dan perpecahana antar sesama,”tegasnya..

Disamping itu Wabup Pringsewu mengajak dalam memasuki musim penghujan ini agar masyarakat harus memperhatikan lingkungannya masing-masing untuk menjaga kebersihan, terutama jangan sampai ada genangan air yang akan menimbulkan banyak nyamuk demam berdarah.”Maka jangan jangan sampai ada korban gigitan nyamuk demam berdarah tersebut,”ujarnya.

Fauzi juga menghimbau kepada masyarakat agar segera melaporkan ke pamong terdekat atau ke pihak terkait jika dilingkungannya menemukan ada warga yang menderita penyakit berbahaya atau penyakit aneh.”Pemkab Pringsewu pasti akan peduli dan siap membantunya, jika memang ada laporan dari wargan,”imbuh Fauzi,

Hadir pada acara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pringsewu Arif Nugroho, ‎Kabag Humas dan Protokol Yanwar Hariyanto,Camat Ambarawa Ani Sundari, Kepala Pekon Sumberagung Ahmad Hijar, Danpos Ramil Ambarawa Peltu Parno Tegal (*)

Penulis : Sulistyo
Editor : Alfian Nurnas
Publish : N.Muslih / Polres Tanggamus

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password