Waka Polres Poso Pimpin Pengamanan Eksekusi Lahan Di Desa Tagolu

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng – Polres Poso – Terjadi eksekusi lahan yang di lakukan oleh penggugat yang berinisial BW dan tergugat PP berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Poso. Mengantisipasinya agar tidak terjadi hal-hal yang di inginkan dalam pelaksanaan eksekusi maka Pihak Pengadilan Negeri Poso memohon bantuan dari Pihak kepolisian dalam hal ini Polres Poso. Rabu (04/10/2017).

Pelaksanaan eksekusi lahan bertempat di Desa Tagolu Kecamatan Lage Kabupaten Poso. Anggota Polres Poso, Polsek Lage, satuan Brimob Poso dan Subden POM 13/Merdeka di terjunkan dalam kegiatan tersebut. Sebelum kegiatan personil gabungan melaksanakan apel terlebih dahulu, yang bertempat di halaman apel Polres Poso.

Waka Polres Poso Kompol Gede Suara SH, pimpin langsung pengamanan eksekusi di dampingi oleh Kabag Ops Polres Poso AKP Anton Muhammad SH. Dalam Apel Waka Polres Poso menyampaikan agar anggota melaksanakan pengamanan ini sesuai SOP yang sudah di tentukan dan di harapakan kepada anggota jangan sampai ada yang jadi pemicu dalam pelaksanaan pengamanan eksekusi.

“Kita menurunkan personil sesuai permintaan dari panitera pengadilan dan ini sudah final”. Tegas Waka Polres Poso saat di temui.

Dalam kegiatan itu terlihat tergugat dan keluarganya di dampingi kuasa hukumnya menempati rumah yang akan di eksekusi, mereka menghalang-halangi pelaksanaan eksekusi. Terdengar lantunan doa dan isak tangis dari dalam rumah tersebut.

Kuasa hukum menjelaskan tentang bukti kepemilikan lahan itu, terjadi perdebatan antara kuasa hukum tergugat dan pihak Pengadilan Negeri Poso setelah selesai pembacaan putusan. Tergugat melarang pihak pengadilan untuk masuk rumah yang berada pada lahan eksekusi. Tetapi karena himbauan dan pendekatan yang humanis dari pihak kepolisian akhirnya tergugat mengalah dan mengosongkan rumah serta menyerahkan lahan tersebut untuk di eksekusi.

Dengan perasaan kecewa dan tampak lesu tergugat di bantu keluarga membawa barangnya keluar rumah dengan baik dan teratur. Selanjutnya pihak Pengadilan Negeri Poso langsung menyegel rumah yang ada pada lahan tersebut.

Penulis      : Tim
Editor        : Alfian Nurnas
Publish      : Abdi.s

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password