Dian Kemala Bertekad Memantapkan Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Sejarah dan kiprah Organisasi Bhayangkari menjadi inspirasi dan motivasi awal bagi ibu-ibu senior mantan Bhayangkari untuk membentuk wadah potensi perempuan keluarga besar purnawirawan Polri. Berdasarkan hasil rapat dan persetujuan pimpinan Polri dan Pengurus Pusat Purnawirawan Polri pada tahun 1999, maka setiap tanggal 13 September disepakati sebagai HUT Dian Kemala.

Sebagai wujud rasa syukur, anggota Dian Kemala Daerah Bali menggelar acara syukuran memperingati HUT Dian Kemala Ke-XVIII Tahun 2017 di kantor PP Polri Daerah Bali, Jalan Kamboja, Denpasar, Sabtu (7/10/2017). Tema yang diusung pada tahun ini yaitu “Dian Kemala PP Polri Bertekad Memantapkan Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara”.

Rangkaian kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne PP Polri dan pembacaan riwayat pembentukan Dian Kemala. Sebagai puncak acara syukuran ini, Ketua Dian Kemala Daerah Bali Ny. Leni Suweta didampingi Ketua PP Polri Daerah Bali Brigjen Pol. (Purn) Drs. Nyoman Gede Suweta melakukan pemotongan tumpeng.

Ny. Leni Suweta saat membacakan sambutan Ketua Dian Kemala Pengurus Pusat PP Polri menyampaikan rasa syukur, terima kasih dan rasa bangga kepada tokoh-tokoh dan para senior Bhayangkari sebagai pemrakarsa dan pendiri Dian Kemala.

Wanita berkaca mata ini mengatakan, tema peringatan HUT Dian Kemala Ke-XVIII Tahun 2017 sangat tepat. Para pendiri bangsa sudah meletakan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia yang memiliki nilai-nilai luhur yang patut diamalkan oleh seluruh rakyat Indonesia.

“Pancasila sebagai idiologi yang mempersatukan bangsa untuk melindungi keberagaman dan kemajemukan bangsa,” ucapnya.

Di era globalisasi dan digital ini, penanaman nilai Pancasila tidak cukup melalui pendidikan formal, karena mayoritas penduduk Indonesia adalah anak muda. Arus informasi yang masuk kepada generasi muda begitu deras melalui media sosial.

“Jangan sampai informasi yang bersifat negatif diterima dan ditelan begitu saja oleh anak-anak muda ini, namun imbangi dengan penyebaran informasi yang bersifat positif,” imbuhnya.

Anggota Dian Kemala juga diminta turut berperan aktif dalam memantapkan pengamalan nilai-nilai Pancasila mulai dari keluarga dan diteruskan kepada anak-anak generasi muda penerus bangsa. “Anggota Dian Kemala agar tetap menjunjung tinggi, menerapkan dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” pesannya.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Alfian

Publish : Windyasa

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password