Ratusan Pelajar Hadiri Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Wawasan Kebangsaan, Ini Ungkapan Siswi SMK di Tanggamus Lampung

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung. Mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, S.Ik. M.Si, Kabag Sumda Kompol Basuki Ismanto, SH. MH., membuka sosialisasi wawasan kebangsaan dan bahaya Narkoba yang digelar di Balai Pekon Gisting Bawah Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus, Sabtu (7/10/17).

Bertajuk “Penguatan Mental Pelajar Untuk Menunbuhkankembangkan Kecintaan Terhadap Negara Indonesia, Tidak Ikut Dalam Penyalahgunaan Narkoba dan Pelaku Tindak Pidana”. Dalam sambutannya Kompol Basuki Ismanto menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0424 Tanggamus, Pemda Tangggamus melalui Dinas Pendidikan dan UPT Dinas Pendidikan Wilayah 3, Dewan Guru Pendamping dan Siswa yang telah menghadiri kegiatan.

“Terima kasih khusus kepada dewan guru yang telah mendampingi siswa mengikuti sosialiasi, karena merupakan ajang silaturahmi antara Polres Tanggamus dan masyarakat terutama pelajar”, ucap Kompol Basuki Ismanto.

Lanjutnya, banyak ilmu yang akan disampaikan, dia juga berharap siswa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Pelajar jangan sampai mendekati narkoba atau contoh kecil coba-coba merokok secara.

“Jangan sampai mendekati atau mencoba Narkoba karena adik-adik akan tercatat dalam catatan kriminal kepolisian. Kejahatan penyalahgunaan Narkoba korbannya sudah bergelimpangan. Kita saksikan di media media banyak penangkapan Narkoba, jangan sampai generasi kita hancur dan lemah karna Narkoba”, tegasnya.

Kaur Bin Ops Satresnarkoba Polres Tanggamus Iptu Heri Yulianto memaparkan bahaya Narkoba dan pasal-pasal pengenyalahgunaan Narkoba.
Kaur Bin Ops Satresnarkoba Polres Tanggamus Iptu Heri Yulianto memaparkan bahaya Narkoba dan pasal-pasal pengenyalahgunaan Narkoba.

Kasat Binmas AKP Joko Sarianto selaku penanggungjawab sosialisasi mengungkapkan bahwa sesuai tema kegiatan diharapkan generasi bangsa menjadi generasi yang bebas dari Narkotika dan tidak terlibat maupun menjadi korban tindak pidana.

“Jika pelajar sudah cinta negara ini dipastikan generasi bangsa akan menjaga keutuhan negara sehingga setelah menjaga pastinya akan akan mencegah Narkoba dan kejahatan, itu harapan kami”, ungkapnya.

Sementara itu pemateri sosialisasi dari Dinas Kesehatan Tanggamus melalui Kepala Seksi DTM dan Keswa, Firman Yulius, S.KM pada kesempatan tersebut menyampaikan tentang bahaya Narkotika, Psikotropika, Obat-obatan terlarang dan Zat aditif (NAPZA).

“Untuk diketahui, jika anak-anak sudah kecanduan maka sembuhnya hanya 60 persen, maka jauhi NAPZA. Bagaimana cara melindungi agar kita tidak terjerumus kepada Napza dengan menjauhi hal tersebut melalui pendidikan moral dan agama, kemudian kepedualian lingkungan”,pesannya.

Perwakilan Kodim 0424 Tanggamus, Danramil 424 Talang Padang, Kapten Arh. Maman mengucapkan terima kasih kepada Polres Tanggamus yang telah mengundang guna menyampaikan materi wawasan kebangsaan.

Kapten Maman memaparkan TNI-Kodim Tanggamus dan Polres Tanggamus melaksanakan dan menjaga keutuhan NKRI khususnya Tanggamus dan Pringsewu serta bersyukur kepada para pelajar yang telah bersedia menghadii kesempatan dalam pemahaman wawasan kebangsaan.

Danramil Talang Padang, Kapten Arh. Maman menyampaikan materi wawasan Kebangsaan.
Danramil Talang Padang, Kapten Arh. Maman menyampaikan materi wawasan Kebangsaan.

“Ancaman keutuhan NKRI baik dari dalam maupun luar negeri, seperti Narkoba dan kehajatan lainnya menjadi ancaman. Melalui wawasan kebangsaan yang meliputi rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan adik-adik dapat menggapai cita-cita yang diinginkan”, jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, mewakili Kasatres Narkoba, Kaur Bin Ops (KBO) Iptu Heri Yulianto juga menyampaikan akibat bahaya Narkoba dan pengenalan pasal penyalahgunaan Narkoba. “Kami menggalakan dan mengantensi pengungkapan penyalahgunaan Narkoba, sekali lagi kami tekankan, jauhi Narkoba sedini mungkin, karena Narkoba merusak secara permanen dan berefek kepada kesehatan seumur hidup kita”, kata Ipda Heri Yulianto.

Menanggapi sosialisasi, Perwakilan kepala sekolah Kabupaten Tanggamus Soleh Fahrurozi, S.Pd asal SMA Muhamaddiah Gisting, mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan sangat positif, dapat memberikan pengetahuan karena makin kuatnya informasi sehingga berpengaruh terhadap para pelajar.

“Penting sekali kegiatan ini dilakukan, karena pelajar dapat mendengarkan langsung dari narasumber sehingga mengetahui wawasan kebangsaan dan dampak buruk dari Narkoba. Pelajar-pelajar ini merupakan calon-calon pemegang tapuk pimpinan kedepan akan jadi apa jika rusak karna Narkoba”,

Soleh Fahrurozi berharap kegiatan yang sangat positif perlu rutin dilakukan dan yang lebih penting dievaluasi melalui inspeksi mendadak kepada pelajar, karena jika tidak ditindaklanjuti kita tidak mengetahui hasil sosialiasi.

Terkait maraknya Narkoba, dia juga berharap orang tua dan lingkungan masyarakat dapat berperan penting karena dewan guru hanya terbatas dilingkungan sekolah saja.

“Orang tua dan masyarakat serta lingkungan dapat berperan penting menjaga generasi kita”, ujarnya.

Senada dengan perwakilan Siswa, Waljiah siswa Kelas 10 SMK Bakti Gisting mengungkapkan kegiatan sosialisasi bahaya NAPZA dan wawasan kebangsaan bangga bisa mengukuti sosialisasi.

“Sosialisasinya sangat bagus soalnya bahaya jika pelajar terkena Narkoba tetapi kalo bisa diadakan jangan setiap tahun juga kalo bisa jangan hanya pelajar SMP dan SMA saja, tetapi pelajar kelas 5 dan 6 SD diikutkan untuk pengujian pelajar, contohnya saya berani bertanya dan menjawab, senang karena awalnya saya tidak berani sekarang tambah berani bertanya”, ungkap pelajar yang biasa dipanggil Jiah, warga Sukabanjar Talang Padang tersebut. (*)

Penulis : N.Muslih / Polres Tanggamus
Editor : Alfian Nurnas
Publish : N.Muslih Lpg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password