Kepedulian Polsek Jawai Terkait Penyakit Mematikan HIV AIDS Dan Narkoba

Tribratanews.polri.go.id.polda kalbar-polres sambas. Perasaan prihatin atas informasi banyaknya data pengidap penyakit HIV AIDS dan tertangkapnya pengedar penyalahgunaan Narkoba menggugah Polsek Jawai bekerjasana dengan Camat Jawai untuk mengadakan Bimbingan Teknis Kelompok Warga Peduli AIDS (WPA).

Giat bimbingan teknis dilaksanakan hari Kamis tgl 5 Okt 2017 sekira pkl.09.00 Wib s.d pkl. 12.00 Wib bertempat di Aula Kantor Camat Jawai.

Dalam kegiatan penyampaian Materi diberikan oleh Kapolsek Jawai Iptu Prambudi.P terkait Narkoba / Napza (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiaktif). Sedangkan Penyampaian Materi terkait HIV dan AIDS oleh Ibu Dr. Hj. Mira Rahmawati kepala Pukesmas Kota Pemangkat yaitu pengertian HIV dan AIDS, Penjelasan tentang Virus HIV, Penularan HIV, Pencegahan HIV / AIDS dan Kontak Sosial tidak akan menularkan HIV.

Untuk Narkoba Iptu Prambudi menerangkan tentanh pengertian Napzar Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiaktif lain, yaitu obat atau Zat yang jika masuk kedalam tubuh akan berpengaruh terhadap fungsi, terutama otak dan mengubah perilaku pemakaian menjadi tidak normal. Pengertian Narkotika, Psikotropika, Narkoba ada 3 (tiga) Golongan yaitu bersifat Stimulan (Perangsang), Depresen (Penekanan Saraf Pusat), dan Halusinogen (Penyeban Khayalan), Penjelasan akibat masalah narkoba, Penjelasan dampak Napza dan Narkoba terhadap Bangsa dan Negara, Penjelasan terkait seseorang yang suka mengkonsumsi Lem Aica Aibon, Thiner, Bensin dan Spritus Penjelas terkait Miras (Tipiring), Penjelasan tentang Ketentuan Pidana Undang – undang No. 35 Th. 2009, Penjelasan Ketentuan Pidana Undang – undang Psikotropika No.5 Th.1997, Melihatkan Contoh Vidio terkait Bahaya Penyalah Gunaan Narkoba dan Harus ada peran orang tua terhadap anak.

Hadir juga Penyampaian Situasi Epidemi Kasus HIV dan AIDS di Kab.Sambas dan Materi WAP oleh Bpk. Maryono, SKM dengan materi ajakan Jangan pernah mencoba yang namanya Narkoba yang mana dampak tersebut bisa mengalami HIV / AIDS dan Perlu adanya perhatian dari Orang Tua terhadap anak.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Bpk.H.Budi Susanto, SE (Camat Jawai), Iptu Prambudi.P (Kapolsek Jawai) + 3 (tiga) Personil Polsek Jawai, Ibu Dr. Hj. Mira Rahmawati (Kepala Puskesmas Pemangkat / Ketua Klinik VCT Cahaya Pemangkat) + Rombongan, Bpk. Maryono, SKM (Sekretaris KPAK Kab.Sambas) + Rimbongan, Seluruh Kepala Desa Se – Kec.Jawai dan Para Undangan Tomas Toga dan Toda Kec.Jawai Kab.Sambas sekitar 30 Orang.

Kapolsek Jawai Iptu Prambudi sangat mengapresiasi kegiatan ini, Sinergitas dan kerjasama berbagai pihak sangat penting untuk menjaga penularan penyakit HIV AIDS serta Penyalahgunaan Narkoba kepada masyarakat.
Untuk itu kami selaku pihak Kepolisian Polsek Jawai akan selalu mendukung demi masyarakat Kecamatan Jawai agar tidak terjangkit penyakit mematikan tersebut apalagi Narkoba.

Dengan adanya kegiatan ini sedikit banyaknya pengetahuan telah kita sampaikan kepada masyarakat dan untuk pihak Kepolisian khususnya bahwa seandainya tidak adanya pengedaran Narkoba pasti masyarakat akan lebih sejahtera dan memperlancar pembangunan selanjutnya Kamtibmas Wilkum Polsek Jawai pasti Terjaga. Terang Kapolsek

Penulis : Cahyo
Editor : Alfian Nunar
Publis : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password