Deklarasi Anti Narkoba Kabupaten Nabire Dibuka oleh Kabid Propam Polda Papua

Tribratanews.polri.go.id – Polda Papua Nabire, ” Mewujudkan Generasi Muda Indonesia yang Bermartabat, Terpelajar, Berprestasi dan Berkarakter Tanpa Narkoba ” inilah tema dalam Deklarasi Anti Narkoba Kabupaten Nabire yang dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) Kota Lama Jl. Trikora Kel. Morgo Kab. Nabire, Jumat (06/10) Pagi.

Deklarasi Anti Narkoba di buka oleh Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Boy Rafli Amar, M.H yang diwakili Kabid Propam Polda Papua Kombes Pol. Janus P. Siregar, SIK dan dihadiri Bupati Nabire yang diwakili Wakil Bupati Nabire Amirullah Hasyim, S.IP, MM, Forkopimda Kab. Nabire, Para tamu undangan kurang lebih 1.500 orang yang hadir.

Pada acara Dekalrasi Nakroba Kabupaten Nabire dihadiri pula Badan Narkotika Nasional (BNN) yang juga sebagai pembawa materi atau penyuluhan oleh Brigjen. Pol (Purn) Dr. Vicktor Pudjiadi, Sp.B, FICS, DFM.

Wakil Bupati Nabire Amirullah Hasyim S.IP, MM dalam sambutannya, menyampaikan “Narkoba adalah musuh bangsa yang harus diberantas dan merupakan perjuangan yang sangat sulit karena merupakan perjuangan melawan bangsa sendiri yaitu pemberantasan penyalahgunaan Narkoba,” kata Wakil Bupati Nabire.

“Melalui kegiatan deklarasi ini diharapkan koordinasi dan kerjasama diantara kita semua sebab keberhasilan bersumber dari kerjasama kita untuk pemberantasan penyalahgunaan Narkoba di Kab. Nabire,” sambung Wakil Bupati Nabire.

“Marilah kita segenap lapisan masyarakat Nabire untuk menyatukan hati dan tekat bersama menjaga daerah ini agar terbebas dari Narkoba menuju Nabire yang berwawasan Keberagaman, Adil, Sejahtera dan Mandiri secara berkelanjutan,” jelas Wakil Bupati Nabire saat membacakan sambutan dari Bupati Nabire.

Diwaktu yang sama juga, Sambutan Kapolda Papua yang dibacakan oleh Kabid Propam Polda Papua Kombes Pol Janus P. Siregar, SIK “Narkoba tidak hanya menghancurkan masa depan perorangan tetapi lebih dari pada itu akan menghancurkan masa depan bangsa, sebab itu sejatinya Narkoba harus dilawan oleh siapapun dan kapanpun sebab tanpa upaya yang sungguh-sungguh untuk menghentikan peredaran Narkoba tidak akan membuahkan hasil yang diharapkan menghindarkan masyarakat yang bebas dari Narkoba,” ungkap Kabid Propam.

“Peredaran Narkoba terus dilakukan oleh para penjahat dengan cara baru untuk mengelabui aparat penegak hukum dan pihak lainnya dengan memanfaatkan anak-anak dan wanita sebagai kurir Narkoba dan dengan modus baru salah satunya dimasukkan dalam mainan anak-anak,” jelas Kabid Propam.

Penyalahgunaan Narkoba saat ini menjadi hal yang sangat memprihatinkan sehingga memerlukan strategi yang melibatkan seluruh komponen lapisan masyarakat bersatu padu dalam suatu gerakan anti Narkoba sebagai upaya pencegahan peredaran Narkoba pada tingkat paling bawah.

“Polres Nabire melalui Sat Reserse Narkoba telah bekerja keras menyelamatkan bangsa kita dengan capaian pengungkapan kasus Narkoba antara lain:
a). Tahun 2015 mengungkap 12 kasus Narkoba dengan tersangka 20 orang tersangka atas kepemilikan sabu dan ganja.
b). Tahun 2015 mengungkap 13 kasus Narkoba dengan tersangka 23 orang tersangka atas kepemilikan sabu dan ganja.
c). Tahun 2017 mengungkap 9 kasus Narkoba dengan BB sabu lokal 187, 29 gram dan ganja,” imbuh Kabid Propam.

“Selaku pimpinan Polda Papua saya memerintahkan kejar dan tangkap para pengedar, bandar dan pemain besarnya serta tegakkan Hukum tanpa ampun,” terang Kabid Propam.

“Pada kesempatan ini saya menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada panitia yang telah mempersiapkan dan melaksanakan deklarasi anti Narkoba dengan baik dan kepada peserta deklarasi agar melalui kegiatan ini dapat menambah pengetahuan kita dan menjadi wahana instropeksi serta mengevaluasi usaha hidup yang sehat tanpa Narkoba,” tutup Kabid Propam saat membacakan sambutan Kapolda Papua.

Pembacaan Deklarasi oleh perwakilan Pelajar, Masyarkat dan Aparat keamanan, Adapun isi Deklarasi Anti Narkoba, antara lain :
1). Menolak penyalahgunaan Narkoba yang berdasarkan agama dan peraturan perundang-undangan dilarang, diedarkan, diperjual belikan, disimpan maupun dikonsumsi.
2). Akan membantu pihak keamanan untuk memberikan informasi baik yang di ketahui dilihat maupun didengar sendiri tentang penyalahgunaan Narkoba.

Dilanjutkan dengan Penandatanganan Spanduk oleh Kapolda Papua dan Muspida lainnya.

Pada kesempatan tersebut, diberikan Penyuluhan Anti Narkoba oleh Brigjen Pol. (Purn) Dr. Vicktor Pudjiadi, Sp.B, FICS, DFM kepada peserta yang hadir dalam acara Deklarasi Anti Narkoba Kabupaten Nabire. (*)

Penulis : Efer/Res Nabire
Editor : Alfian
Publish : Efer/Res Nabire

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password