Kapolda Kalsel Ingatkan Orang Tua Peduli Perkembangan dan Perilaku Anak Dalam Keluarga

Tribratanews.polri.go.id- Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana mengingatkan, kepada orang tua agar meningkatkan kepekaan terhadap perubahan yang terjadi pada putra dan putri mereka.

“Orang tua harus sensitif atau curiga kalau anak kita tiba-tiba bengong dan pemalas atau sering cepat sekali marah dan emosi meledak-ledak,” katanya di Banjarmasin, Kamis.

Dikatakan Kapolda Kalsel, berbagai perubahan perilaku tersebut, menjadi salah satu indikasi pengaruh Narkoba yang sering kali tidak disadari orang tua bahkan oleh si anak itu sendiri. Untuk itu, peran orang tua atau keluarga inti di rumah menjadi sangat penting dalam mengawasi remaja dan anak-anak agar terhindar dari penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan berbahaya lainnya.

“Yang tak kalah penting juga para guru di sekolah wajib selalu menjalin komunikasi dengan wali murid terkait perkembangan siswanya dalam hal pengawasan, jadi jika ada perubahan prestasi akademik dan lain sebagainya bisa ditelusuri penyebabnya, karena bisa saja pengaruh Narkoba,” ucapnya.

Kapolda Kalsel mengatakan, hingga saat ini, upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba pada anak-anak dan remaja yaitu dari pendidikan keluarga. Dari Orang tua itulah nantinya diharapkan dapat mengawasi dan mendidik anaknya untuk selalu menjauhi Narkoba.

“Aparat penegak hukum dalam memerangi peredaran Narkoba mudah saja dengan terus menangkapi penyalah guna dan pengedarnya, namun itu bukan solusi terbaik karena yang harus diingat prinsip dalam penanggulangan tindak pidana Narkoba lebih baik mencegah daripada menyembuhkan,” papar jenderal bintang satu itu.

Penulis : Yudha Krisyanto

Editor   : Alfian

Publish : Drs. Hamsan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password