“Ronda Malam Kesehatan Biddokkes Polda DIY Peduli”, Biddokkes Polda DIY Sambangi Masyarakat yang Sedang Menjalankan Ronda Malam

tribratanews.polri.go.id -Jogja, program Promoter bapak Kapolri hasil akhirnya adalah menjadikan Polri sebagai institusi yg dipercaya dan dicintai masyarakat. Sebagai anggota Polri yg mempunyai pengalaman kerja sebagai perawat di RS. Bhayangkara di beberapa polda, kurang lebih 21 tahun dan saat ini bertugas di Biddokkes Polda DIY, saya tergerak untuk memanfaatkan pengalaman dan keterampilan saya sebagai perawat untuk ikut memperhatikan kondisi kesehatan masyarakat yg ada di sekitar saya.

Dengan sentuhan kecil berupa pemeriksaan tensi darah, pemeriksaan kadar gula darah dan membagikan vitamin kepada masyarakat, ternyata bisa membuat masyarakat sehat dan  bahagia karena bisa mengetahui keadaan kesehatan mereka dan juga merasa dekat dengan Polri.

Kini pandangan mereka terhadap institusi Polri dan perilaku personilnya pun sedikit sedikit mulai berubah. Sebelumnya masyarakat yang kami jumpai merasa polri adalah aparat yg tugasnya hanya mencari-cari kesalahan, tetapi dengan pendekatan melalui media pemeriksaan kesehatan gratis akhirnya mereka pun mulai sadar bahwa Polri saat ini benar benar institusi yang pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Sejalan dengan perjalanan waktu saya di bawah bimbingan dan dukungan bapak Kabiddokkes Polda DIY, kami mencoba untuk lebih meningkatkan kegiatan  peduli masyarakat dengan kegiatan rutin yg kami beri nama “Bidokkes Polda DIY Peduli” dimana kegiatannya adalah melaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis berupa pemeriksaan tensi darah, pemeriksaan kadar gula darah sewaktu (GDS) dan membagikan vitamin. Bersama sama personil Biddokkes Polda DIY yang lain, Kami mulai melaksanakan pemeriksaan kesehatan sederhana secara gratis tersebut kepada para tukang becak, masyarakat umum yang sedang beraktifitas di pusat pusat keramaian dan bahkan mendatangi langsung rumah rumah warga yg membutuhkan kami.

Melihat respon positif masyarakat dan arahan dari pimpinan khususnya bapak Kapolda DIY membuat saya dan rekan rekan di Biddokkes Polda DIY  semakin bersemangat utk meningkatkan pelayanan kesehatan kami kepada masyarakat bukan hanya di jam kerja tetapi juga di luar jam kerja.

Berbekal pengalaman saya dulu saat berdinas di Ditbinmas pada awal mutasi dari Ibu Kota Jakarta, saya terinspirasi untuk melaksanakan kegiatan Ronda Malam Kesehatan bagi masyarakat umum sambil menjaga kamtibmas. Kami menyebut kegiatan ini  “Ronda Malam Kesehatan Biddokkes Polda DIY Peduli”  dimana bentuk kegiatannya selain bisa untuk mewujudkan Kamtibmas juga sekaligus meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat sehingga kepercayaan dan kecintaan masyarakat terhadap institusi Polri akan terbentuk.

Kegiatan Ronda Malam Kesehatan Biddokkes Polda DIY Peduli pertama kali kami laksanakan di wilayah Klangkapan 2 Seyegan Sleman DIY pada tanggal 18 September 2017 dari pukul 19.30 sd. 22.00 WIB. Di luar perkiraan kami ternyata respon masyarakat sangat positif sekali, ini terlihat dari beberapa ucapan terima kasih dan senyum lebar masyarakat kepada kami yang melaksanakan kegiatan tersebut. Dari sisi jumlah masyarakat yang hadir juga jauh lebih banyak dari target yang kami perkirakan.

Setelah mendapatkan pelayanan kesehatan dari kami, masyarakat melanjutkan kegiatannya melaksanakan ronda kantibmas di sekitar lingkungan rumahnya sedangkan yang tidak mendapatkan tugas jaga bisa langsung istirahat dengan lebih tenang. Kegiatan Ronda Malam Kesehatan Biddokkes Polda DIY Peduli selain bisa membuat masyarakat untuk lebih mengenal lebih dekat tentang Polri juga bisa membantu masyarakat terhindar dari masuknya paham paham radikal.

Kemarin, Kamis tanggal 5 oktober, pukul 19.30 s.d 22.00 WIB kami melaksanakan lagi kegiatan Ronda Malam Kesehatan Biddokkes Polda DIY kembali di Pesanggrahan Condong Catur Depok Sleman DIY , dan kami berdoa semoga kelak seluruh masyarakat Indonesia khususnya Jogjakarta  bisa tersenyum karena Kantibmas telah terwujud dengan adanya Polri sang pelindung, pengayom dan pelayan masyakat.  #Salam Damai untuk Indonesia.

penulis : Istiqomah
editor : Alfian
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password