Disiplin Berlalu Lintas Juga Perlu Dimalam Hari

103AFAA4-2CBD-4161-95EC-479917BF3D71

 

Tribratanews.polri.go.id.Polda Kalbar-Polres Sintang, Melayani masyarakat tidak berbatas waktu, sekalipun malam hari Satuan lalu lintas tetap melakukan kegiatan pelayanan terhadap masyarakat pengguna jalan dengan pergelaran Blue Light Patrol, Rabu ( 04/10/2017), malam.

Kegiatan pergelaran Blue Light Patrol dilaksanakan mulai pukul 19.00 wib setiap malamnya untuk memantau situasi lalu lintas dititik-titik yang dianggap rawan pelanggaran lalu lintas, macet dan rawan kecelakaan, seperti di persimpangan jalan dan jalur padat lalin.

Melalui kegiatan Blue Light Patrol Satuan Lalu Lintas melakukan pantauan arus lalin dan melakukan pengaturan serta peneguran kepada para pengguna jalan yang masih melakukan pelanggaran.

“Masih kita jumpai pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm ganda pada saat berboncengan, mungkin mereka merasa pada malam hari tidak terlalu padat seperti siang hari,” tutur Bripka Rudi R. Robani

Masih menurut Bripka Rudi adapun pelanggaran lain yang dilakukan pengendara adalah menggunakan kendaraan sepeda motor namun kondisi lampu utama dan lampu rem tidak menyala dan sign tidak berfungsi sempurna.

“Kami tetap mengedepankan kan giat pre-emtif terhadap para pelanggar tersebut, dengan memberikan teguran dan mengingatkan pentingya kelengkapan kendaraan untuk dipakai (helm) serta kelengkapan sepeda motor seperti lampu utama, lampu rem dan sign dipasang demi keselamatan diri pengendara maupun orang lain,” terang Bripka Rudi.

Pergelaran Blue Light Patrol yang dilakukan Satuan Lalu lintas dengan cara menyalakan Lampu rotator (Blue Light) yang ada pada kendaraan dinas Satuan lalu lintas baik roda 2 dan roda 4, selanjutnya menyusuri ruas-ruas jalan yang padat lalu lintas seperti jalan PKP Mujahidin, Tugu BI, Simpang Lima Tugu Adipura, jalan Lintas Melawi, Simpang Tugu Jam, dan Jalan MT. Haryono Sintang dengan memberikan himbauan Tertib berlalu lintas disepanjang jalan yang dilewati.

Kasat Lantas Polres Sintang AKP.Anton Satriadi,SIK mengatakan bahwa kegiatan Blue Light Patrol rutin dilakukan setiap malam, hal ini untuk mencegah terjadinya pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh pengguna jalan serta untuk memantau arus padat lalin yang rawan Laka lantas.

“Saat pelaksanaan Blue Light Patrol oleh anggota Sat Lantas, anggota juga melakukan pengaturan, patroli jalur padat lalin dan memberikan himbauan disiplin dan tertib berlalu lintas,” imbuh AKP Anton.

Penulis : Hariyanto
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password