Cegah penyebaran DBD, Polsek Kalis Bersama Puskesmas Laksanakan Penyuluhan

Tribaratanews.polri.go.id, Polda Kalbar, Polres Kapuas Hulu – Maraknya penyakit DBD akhir-akhir ini di Kabupaten Kapuas Hulu khususnya di Kecamatan Kalis karena musim pancaroba atau musim peralihan dari musim kemarau kemusim hujan

dimana berkembang biaknya nyamuk ditempat penampungan air dan sampah-sampah.

Selasa (3-10-2017) Petugas Puskesmas Kalis bersama anggota Polsek Kalis melakukan penaburan Abate dan surveillance ke rumah penduduk dengan door to door di Dusun Korma Jaya Desa Kalis Raya.

Setelah penaburan Abate di Dusun Korma Jaya Desa Kalis Raya dilanjutkan Penyuluhan di Balai Desa Kalis Raya. Penyuluhan diselenggarakan oleh Petugas Puskesmas Kalis bersama anggota Polsek Kalis.

Tampak BRIPKA Belmi Siallagan, S.AP bersama BRIPKA Edi, SH serius mengikuti penyuluhan tersebut dimana penyuluhan tersebut menjelaskan kepada masyarakat tentang antisipasi penyebaran DBD khususnya di Desa Kalis Raya Kecamatan Kalis.

Adapun giat dihadiri oleh Kepala Puskesmas Kalis Ibu Titin, Amd.keb, Promkes Puskesmas Kalis Ibu Kartini, SKM, Kades Kalis Raya Bapak Abdurrahman warga jumlah 20 orang, total peserta penyuluhan 26 orang.

Penyuluhan dilaksanakan atas KLB (Kejadian luar biasa) DBD yg terjadi di Kabupaten Kapuas Hulu untuk Kecamatan Kalis sudah 1 ada kasus balita yang sudah terkena DBD an. Syarif, umur 6 Bulan alamat Dusun Korma Jaya, Desa Kalis Raya.

Dalam penyuluhan tersebut Kepala Puskesmas Kalis Ibu Titin, Amd.keb menyampaikan himbauan dan pengumuman kepada warga. Adapun point-point yang disampaikan adalah Menghimbau kepada warga Desa Kalis Raya supaya rajin memeriksa semua Tong air dan Bak Air apakah ada jentik nyamuk atau tidak karena mulai Januari sampai September 2017 ini sudah ada 134 Kasus DBD di Kabupaten Kapuas Hulu. Kita bersyukur di Kecamatan Kalis baru satu kasus DBD An.Syarif, nanti jarak_+ 100 Meter dari area DBD akan dilakukan fogging khususnya di Dusun Korma Jaya Desa Kalis Raya sambung Titin kepada warga.

Setelah Penyampaian materi dilanjutkan dari petugas Promkes Puskesmas Kec. Kalis Ibu Kartini, SKM yang intinya menjelaskan kepada masyarakat untuk memelihara Ikan pemakan jentik, menggunakan obat anti nyamuk dan lotion anti nyamuk, Memasang Kawat kasa pada jendela dan ventilasi, menaburkan bubuk larva asida pada penampungan air dan Menggunakan Kelambu saat tidur.

Pada kesempatan tersebut BRIPKA Belmi H. Siallagan, SAP dan BRIPKA Edi, SH berpesan kepada masyarakat agar menjaga pola hidup sehat, menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan tidak lupa menyampaikan pesan-pesan kamtibmas.

Penulis : Belmi H. Siallagan, S.AP
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password