Anggota Polsek Abang bersama Anggota Unit Rescue Direktorat Sabhara Polda Bali Menghimbau Warga dusun Bau Kawan untuk Segara Mengungsi

Tribratanews.polri.go.id –Polda Bali, Dusun Bau Kawan ,desa Wana Kerti, Kecamatan Abang, Karangasem dikunjungi Anggota Direktorat Sabhara Unit Rescue Polda Bali dan Kapolsek Abang beserta anggota nya, Kamis (5/10)

8 Anggota Unit Rescue Sabhara Polda Bali yang dipimpin Kasi Pammat Kompol drh. I Komang Tresna Arbawa Manik, S.H didampingi Kapolsek Abang AKP I Nyoman Sugita Yasa, S.H memberikan arahan kepada warga dusun Bau Kawan , desa Wana Kerti yang belum mengungsi di Wantilan Pura Pemaksan Bukit Catu.

Dalam arahan nya, Kapolsek Abang AKP I Nyoman Sugita Yasa, S.H mengatakan kawasan desa Wana Kerti ini berada dalam radius Kawasan Rawan Bencana (KRB) level 3. Jarak desa ini dari Gunung Agung hanya sekitar 6 Km dan seharusnya sudah tidak ada aktifitas manusia sejak ditetapkan nya status awas Gunung Agung. Perwira asal Tabanan ini juga mengajak Perbekel desa Wana Kerti I Wayan Putu beserta Jro Mangku Kariasa selaku Tokoh Adat desa Wana Kerti untuk mengajak warga nya yang terdiri dari 40 Kepala Keluarga untuk mengungsi ke Posko Pengungsian yang telah disiapkan agar mendapat tempat yang lebih aman. Karena menurut Kapolsek Abang ini, akses jalan dari dusun Bau kawan ke Posko Pengungsian sangat sulit, selain medan nya yang curam dan jalan yang sempit, daerah dusun Bau Kawan termasuk daerah yang terpencil sehingga jika Sirine tanda Gunung Meletus berbunyi, tidak akan sempat untuk mengevakuasi seluruh warga dikarenakan mayoritas warga nya anak anak, perempuan dan orang tua

Pada kesempatan ini ,Kasi Pammat Kompol drh. I Komang Tresna Arbawa Manik, S.H juga menambahkan bahwa kecepatan dari awan panas ini sangat cepat sehingga waktu untuk melarikan diri pada saat gunung meletus sangat sempit, karena Perwira melati satu ini sempat menjadi Wakapolsek Sewon di Daerah Istimewa Yogyakarta(DIY) pada tahun 2006 sewaktu Gunung Merapi meletus dan sudah berpengalaman dalam menangani bencana alam gunung meletus.

Menurut beberapa warga dusun Bau Kawan, mereka sudah sempat mengungsi tapi kembali lagi ke rumah masing masing. Warga beralasan mereka takut anak-anak mereka tertinggal pelajaran sekolah karena sedang adanya Ujian Tengah Semester dan beberapa warga juga beralasan takut harta benda mereka hilang.

Tetapi kecemasan mereka semua langsung ditanggapi oleh Kapolsek Abang, Perwira asal Tabanan ini menjelaskan bahwa dirinya sudah berkoordinasi pada Bhabinkamtibmas dan pecalang dusun Bau Kawan agar pada warga mengungsi ke Posko Pengungsian, rumah mereka dijaga bergantian oleh Bhabinkamtibmas dan Pecalang yang bertugas secara bergantian.

Perwira balok tiga ini juga menjelaskan bahwa di Posko Pengungsian, anak anak dapat tetap melaksanakan proses belajar mengajar.

Penulis  : Yusdi

Editor    : Alfin

Publish  : I Putu Suwardhana.M

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password