Dua Orang Target Operasi Berhasil Diringkus Polisi Tabalong

46ca0a01-7c3e-44fa-a164-3c83c83bda7cTribratanews.polri.go.id, Polres Tabalong – Mapolres Tabalong, digelarnya press release hasil Operasi Antik Intan Polres Tabalong pada pagi Kamis (5/10/2017). Kegiatan press release dipimpin Kapolres Tabalong AKBP Hardiono, S.Ik yang diwakili Wakapolres Tabalong Kompol Wildan Albert, S.Ik yang didampingi Kasat narkoba Iptu Minggu Tampubolon serta dan pejabat utama Polres Tabalong.

Dalam pelaksanaan press release Polres Tabalong mengundang Kajari Tanjung yang diwakili Aditya Bima Yoga SH, Ketua Pengadilan Negeri Tanjung yang diwakili Wendy Pratama SH, Kepala BNNK Balangan yang diwakili Iwan Rasulli S.pd, Toga H. Samsul Bahri dan Tomas H. Umar Sahid S.ag Kabupaten Tabalong.

NEWSVIDEO : Operasi Antik Intan 2017 

Operasi antik intan 2017 Polres Tabalong berlangsung lamanya 14 (empat belas) hari, terhitung mulai tanggal 18 september s/d 01 oktober 2017. Sasaran operasi dalam rangka pemberantasan narkoba dan obat-obatan terlarang diwilayah Kabupaten Tabalong.

Adapun hasil operasi antik intan 2017 Polres Tabalong adalah Laporan polisi sebanyak 16 laporan polisi, tersangka 18 orang diantaranya 17 orang laki-laki dan 1 orang perempuan, Barang bukti yang disita narkoba jenis sabu-sabu seberat 1,34 gram dan obat carnophen zenith sejumlah 3.464 butir serta uang tunai yang diduga hasil penjualan narkoba dan obat zenith sebesar rp 4.708.500,-(empat juta tujuh ratus delapan ribu lima ratus rupiah).

Kapolres Tabalong AKBP Hardiono, S.Ik melalui Wakapolres Kompol Wildan Albert, S.Ik menjelaskan “dari 18 orang tersangka yang ditangkap dan diantaranya 2 orang target operasi (TO) dan 16 orang non to”

Identitas to tersebut adalah S, 44 tahun, laki-laki, warga jalan garuda rt. 02 kelurahan hikun kecamatan tanjung. Barang bukti yang disita berupa narkoba jenis sabu-sabu seberat 0,24 gram dan uang sebesar rp 300.000,-(tiga ratus ribu rupiah).

Kemudian tersangka IS, 28 tahun, laki-laki, warga desa kambitin rt.03 kecamatan tanjung. Barang bukti yang disita berupa narkoba jenis sabu-sabu seberat 0,28 gram. Tersangka IS adalah narapidana dengan kasus yang sama tindak pidana penyalahgunaan narkotika selain itu juga pernah menjalani kasus illegal logging diwilayah kabupaten Tabalong.

Kedua to adalah merupakan satu jaringan dalam peredaran narkoba diwilayah hukum Polres Tabalong.

Selanjutkan tersangka non to sebanyak 16 orang diantaranya 3 orang tersangka narkoba jenis sabu-sabu dan 13 orang tersangka peredaran obat-obatan terlarang.

Para tersangka narkoba akan dijerat pasal 114 ayat 1 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika “Setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan Narkotika Golongan I, dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) dan paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah).

Selanjutnya para tersangka obat – obatan terlarang akan dijerat Pasal 197 UU RI Nomor 36 Tahun 2009 “Setiap orang yang dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan/atau alat kesehatan yang tidak memiliki izin edar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp1.500.000.000,00 (satu miliar lima ratus juta rupiah)”.

“Diucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran kepolisian resort Tabalong telah berhasil berantas peredaran narkoba di Tabalong, terus ungkap para pelaku dan jaringannnya sehingga kita wujudkan Tabalong bebas dari peredaran narkoba”, kata Wakapolres Tabalong.

Dalam acara press release hasil operasi antik intan Polres Tabalong, Tokoh Masyarakat Kabupaten Tabalong H. Umar Sahid S.ag “Kami selalu mendukung aparat Kepolisian Polres Tabalong dalam pemberantasan narkoba dan obat-obatan terlarang serta juga mari kita himbau warga agar jangan terjerumus dalam penyalahgunaannya”. Terang H. Umar.

Penulis : Donny
Editor : Alfian
Publish : Donny

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password