Upacara HUT TNI ke 72 di Karebosi, Polwan Polrestabes Makassar Bagi Bunga, Katanya untuk ini..

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kapolda Sulsel Irjen Pol. Drs. Muktiono menghadiri upacara Parade dan Defile  Peringatan hari jadi TNI ke 72, di Lapangan Karebosi Makassar, Kamis (05/10/17).

Selain Kapolda Sulsel beberapa pejabat lain turut hadir diantaranya Wakil Gubernur Sulsel Ir.H. Agus Arifin Nu’mang, Wakapolda Sulsel, Kajati Sulsel, Irwasda Polda Sulsel, para pejabat utama Polda Sulsel, Ketua Pengadilan Tinggi Sulsel, pimpinan Ormas, Kalangan Mahasiswa, Danlanud Hasanudin, para  pejabat Kodam XIV Hasanuddin dan elemen masyarakat lainnya.

Para peserta upacara merupakan gabungan  personil Kodam XIV Hasanuddin, Lantamal VI, Koops AU II, Brimob Polda Sulsel, ASN gabungan Kementerian Pertahanan, Satpol PP Makassar, dan Basarnas, sementara Kasdam XIV Hasanuddin Brigjen TNI  Supartodi bertindak sebagai Inspektur Upacara, dan Komandan Upacara dilaksanakan oleh Letkol Laut Sunandar Wahyudi Komandan Tim Intel Lantamal VI Makassar.

Dalam amanat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantio yang dibacakan Kasdam XIV Hasanuddin, menekankan bahwa Acara Parade dan Defile sebagai salah satu bentuk  pertanggung jawaban TNI  ke Presiden akan pembangunan kekuatan TNI  dan kemajuan alustisa TNI, selain itu agar kemajuan TNI dapat disaksikan oleh masyarakat, sehingga menimbulkan kebanggaan pada TNI dan  esensi kesejatian TNI terus terjaga menyesuaikan kondisi zaman.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan kekuatan TNI adalah bersama rakyat, rakyat adalah inti kekuatan pertahanan semesta yang  dianut, TNI juga makin aktif dalam giat kemanusiaan menangani kebakaran Hutan, bencana alam, penumpasan terorime dalam operasi Tinombala.

Diakhir amanatnya Panglima TNI menegaskan selain TNI aktif giat kemanusiaan, TNI juga mentaati hukum dan HAM yang sesuai makna yang terkandung pada peringatan HUT TNI ke 72 “Bersama Rakyat TNI kuat,” tegas Supardito.

Disela-sela pelaksanaan upacara HUT TNI ke 72, puluhan Polwan Polrestabes Makassar, membagi-bagikan bunga ke para personil TNI yang berada di Tribun Upacara, menurut salah satu Polwan yang ditemui, bunga tersebut melambangkan cinta dan kebersamaan  TNI Polri dalam mengabdi kepada negara.

Usai pelaksanaan Upacara, digelar Parade dan Defile dengan menggelar dan mempertontonkan  kekuatan personil dan alustista TNI di sepanjang Jl. Ahmad Yani Makassar yang disaksikan seluruh masyarakat Makassar, peringatan hari jadi ke 72 TNI ini mengambil tema “Bersama rakyat TNI Kuat.”

Diakhir upacara Kapolda Sulsel dan seluruh undangan disuguhkan drama kolosal yang menggambarkan perjuangan Karaeng Bonto Marannu mengusir penjajah, drama ini diperankan sekitar 1.000 orang personil TNI, masyarakat dan mahasiswa kemudian dipertontonkan juga  atraksi Beladiri Merah Putih personil TNI.

Penulis : Taufik

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password