Kapolda Jawa Timur Hadiri Dirgahayu TNI Ke-72

Tribratanews.polri.go.id-Polda Jawa Timur,  Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin hadiri puncak acara HUT TNI ke 72 bertajuk “ Bersama Rakyat TNI Kuat” di lapangan upacara Makodam V/Brawijaya Jl. Raden Wijaya No. 1 Surabaya, Kamis (5/10/2017).

Kegiatan itu juga dihadiri oleh  DR. H. Soekarwo (Gubernur Jawa Timur), Brigjend TNI Mar Widodo Dwi Purnomo (Kasgartap III/SBY), Laksma TNI Robert W Tappangan, SH  (Kasarmatim), Dankodiklatalopsla,  Karumkital,  Kolonel Mar Siswanto (Wadan Pasmar -1),  Kolonel (Pnb) Rudy Iskandar (Danlanud Surabaya) dan  Kolonel Marinir Nana Rukmana (Wadan Lant. V).

Seain itu juga hadir dalam kegiatan upacara sebagai berikut  Kodam V/Brw, Armatim, Kodiklatal, AAL, Lantamal V,  Pasmar 1, Puspenerbal dan Lanud Abd. Saleh.

Sedang bertindak sebagai petugas upacara Brigjend TNI Widodo Iryansyah., S.Sos (Kasdam V/Brw), Letkol Kav Widodo Pujianto SH (Dandim 0817/Gresik) selaku Komandan upacara dan  Letkol Mar Gunawan Tri U. (Pasiops Mar-1 Marinir) selaku Perwira upacara.

Peringatan ke-72 Hari TNI Tahun 2017 kali ini, dilaksanakan secara terpusat dengan menampilkan upacara parade, defile dan demonstrasi atraktif kemampuan para prajurit maupun Alutsista TNI. Hal ini sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada Presiden selaku Panglima Tertinggi dan seluruh rakyat Indonesia tentang kesiapan Alutsista TNI termasuk yang terbaru dan performa prajurit TNI, sehingga bangsa Indonesia dapat melihat kekuatan TNI secara langsung, sebagai komponen utama pertahanan negara.

Prestasi dan kinerja optimal TNI yang telah mendapatkan penilaian positif dari masyarakat harus senantiasa dipertahankan, bahkan perlu ditingkatkan lagi di masa mendatang Implementasinya, prajurit TNI harus selalu menjadi suri tauladan dalam kepatuhan dan ketaatan terhadap ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku dimanapun prajurit TNI berada dan bertugas.

Dari semua prestasi tersebut tentu berdampak pada terpeliharanya opinmasyarakat terhadap pengabdian TNI. Karenanya tidak diragukan lagi, dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini publik tetap menilai bahwa TNI merupakan institusi yang paling dipercaya. Survei terakhir dilakukan oleh lembaga survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) bahwa masyarakat menilai TNI sebagai institusi paling solid dan terpercaya kondisi seperti ini tentunya hasil kinerja estafet yang di ukir oleh pimpinan TNI dan Pejuang TNI yang dengan gigih dan sungguh mereformasi TNI yang harus dipertahankan dan ditingkatkan.

Makna yang terkandung di dalam tema tersebut adalah, TNI tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat. Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi, yang terus bergerak secara dinamis. Kesejatian tersebut harus terus ditumbuhkembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern, sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindung NegaraKesatuan Republik Indonesia.

Kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat, merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela negara Kedekatan dan kebersamaan TNI-Rakyat adalah inti dan pusat kekuatan (centre of gravity) dari Sistem PertahananSemesta yang kita anut.

Selama ini TNI telah dan akan terus memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan negara baik melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP) ataupun operasi Militer Selain Perang (OMSP). Khususnya dalam tugas OMSP, berbagai tugas telah dilakukan oleh prajurit TNI dengan baik yang melebihi panggilan tugas.

Penulis : Herry

Editor    : Alfian

Publish : Herry

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password