Bubarkan Balapan Liar, Polsek Soreang Amankan Lima Unit Motor

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Aksi balapan liar yang dilakukan di Jl. Tanggul cempae kelurahan watang soreang kecamatan Soreang  Kota Parepare dibubarkan oleh tim PMK polsek soreang yang dipimpin oleh Kapolsek AKP I Komang Sudamayanta bersama dengan beberapa orang personil, Selasa (03/09/17).

Saat kapolsek tiba di lokasi, pelaku balap liar ini langsung tancap gas. Mereka memilih kabur agar tidak ditangkap. Dari kegiatan ini tim pmk polsek soreang berhasil mengamankan lima buah sepeda motor. Lalu sepeda motor tersebut diamankan di mako polres parepare dan pemilik motor akan akan di beri surat tilang untuk mengambil motor kembali.

Menurut Kapolsek soreang AKP I Komang Sudamayanta kegiatan ini sebagi wujut tindak lanjut atas laporan masyarakat sekitar Jl. Tanggul cempae yang merasa di resahkan oleh aksi balapan liar tersebut.

Balap liar sudah menjadi fenomena sosial tidak hanya di kota besar tetapi juga merambah kota-kota kecil. Balap liar justru menimbulkan pelanggaran hukum seperti judi, transaksi narkoba, minuman keras dan bahkan menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Tindakan balap liar sendiri adalah pelanggaran hukum yang diatur Undang-Undang Lalu Lintas No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Upaya-upaya pihak Kepolisian untuk mencegah terjadinya aksi balap liar telah dilakukan seperti melakukan penanggulangan secara preventif seperti sosialisasi ke komunitas, sekolah dan masyarakat.

Balapan liar sendiri memiliki sisi negatif dan akibat bagi pelakunya, diantaranya.

  1. Kematian

Pembalap sangat mudah kecelakaan karna mereka melaju dengan kecepatan tinggi, apabila ada kelalaian sedikit, yang terjadi adalah kecelakaan. Kecelakaan itupun relatif keras sehingga akibat nya adalah kematian.

  1. Nilai Pendidikan

Nilai Pendidikan Rendah Balapan liar relatif selalu di lakukan di malam hari, ini menyebabkan para siswa tidak belajar. Nilai mereka pun rendah daripada siswa yang tidak mengikuti balapan liar.

  1. Dijauhi lingkungan social

Kebanyakan siswa-siswa yang mengikuti balapan liar ialah siswa yang nakal, otomatis lingkungan sosial/ masyarakat menjauhi mereka karena rasa tidak senang.

Penulis : Rosdiana

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password