Bangun SDM Polri yang Unggul, Polda Bali Gelar Binlat Calon Anggota Polri

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Demi terwujudnya Polri yang makin Profesional, Modern dan Terpercaya (Promoter) untuk mendukung terciptanya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong, harus diawali dengan kualitas SDM anggota Polri itu sendiri. Bahkan, saat ini Polri mulai membidik para pelajar yang berprestasi untuk mendapatkan calon anggota Polri yang memiliki SDM berkualitas tinggi.

Hal tersebut seiring dengan kebijakan Kapolri tentang rekrutmen anggota Polri tahun 2018 nanti. Dimana Polri akan memprioritaskan calon anggota Polri yang memiliki prestasi di bidang akademik, olah raga maupun bidang lainnya. Untuk mewujudkannya, Polda Bali tidak bisa bekerja sendiri, harus bersinergi dengan instansi terkait.

Karo SDM Polda Bali Kombes Pol. Drs. Jawari, S.H., M.H. bertemu dengan Gubernur Bali Made Mangku Pastika, untuk menyampaikan rencana program pembinaan dan pelatihan (Binlat) bagi putra daerah yang berprestasi dan berminat menjadi anggota Polri. Sesungguhnya banyak putra daerah berprestasi, karena tidak dibina dan dilatih, banyak yang tidak lulus dalam seleksi penerimaan calon anggota Polri tahun lalu.

Kombes Pol. Drs. Jawari, S.H., M.H. menjelaskan, para peserta nantinya akan diberi materi pelatihan kesamaptaan, psikologi, akademik dan bimbingan kesehatan. Pelaksanaannya akan dijadwalkan agar tidak mengganggu proses belajar di sekolahnya.

Diharapkan dengan Binlat ini, para calon anggota Polri akan siap secara fisik, mental, kesehatan dan akademik saat mengikuti seleksi Akpol, Brigadir dan Tamtama Polri sehingga outputnya mereka akan menjadi anggota Polri yang berkompeten. Akan tetapi, dengan mengikuti Binlat ini bukan jaminan bahwa mereka akan lolos seleksi. “Semua kembali pada kemampuan calon, untuk bersaing dengan peserta seleksi lainnya,” ucap Karo SDM Polda Bali di Kantor Gubernur Bali, Rabu (4/10/2017).

Made Mangku Pastika mengatakan, sangat mendukung dan menyambut baik rencana program Binlat terhadap putra daerah  yang berprestasi, karena program seperti ini belum pernah ada. Banyak para calon anggota Polri yang gagal karena ketidaktahuan tentang materi tes dan kriteria yang disyaratkan. Dengan program ini, diharapkan banyak putra daerah Bali yang akan bisa lolos menjadi anggota Polri.

Gubernur Bali mengapresiasi penerimaan anggota Polri Polda Bali T.A 2017 yang bersih, transparan, obyektif dan bebas dari kolusi serta kompetitif. Banyak putra daerah berprestasi dari SMU/SMK Bali Mandara binaan Pemerintah Provinsi Bali, yang ingin masuk menjadi anggota Polri.

“Saya akan sampaikan ke Dinas Pemuda dan Olah Raga serta Dinas Pendidikan Provinsi Bali untuk mendukung Program Binlat ini.  Tindak lanjuti dengan membuat MoU masing-masing pihak,” tutup Made Mangku Pastika.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Alfian

Publish : Ngakan Candra

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password