Uji Tingkat Intelegensi Personel, Polda Sulsel Gelar Tes Psikologi di Polrestabes Makassar

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Ratusan personil Polrestabes Makassar dan Polsek jajaran mengikuti tes psikologi yang digelar di Aula Mappaodang, Rabu (4/10/17). Tim penguji dari Bagian Psikologi Biro SDM Polda Sulsel yang dipimpin Kabag Psikologi AKBP Said Rifai.

Biro SDM Polda Sulsel mengadakan tiga jenis tes psikologi yang terdiri dari Psikologi Mapping, Psikologi berkala dan Psikologi Senjata Api. Kegiatan tes psikologi ini diperuntukkan bagi para anggota kepolisian tanpa dipungut biaya.

Sebelum pelaksanaan Tim Psikologi Polda Sulsel memberikan arahan tata cara pengisian naskah ujian psikologi dan membagikan lembar ujian kepada personil.

AKBP Said Rifai menjelaskan ketiga tes psikologi  tersebut mempunyai maksud dan tujuan masing-masing, tes psikologi mapping untuk rekam jejak  yang khusus diperuntukkan bagi perwira dan dilaksanakan satu tahun sekali, tes psikologi berkala diperuntukkan bagi personil yang akan mengusulkan kenaikan gaji berkala dan tes psikologi senpi bagi personil yang akan pinjam pakai senjata api dalam pelaksanaan tugas.

Kabag Sumda Polrestabes Makassar AKBP Bambang Sugiarto juga menambahkan Tes psikologi pemegang senpi ini penting dilakukan untuk mengetahui kesiapan anggota polisi dalam memegang dan menggunakan senjata api sesuai ketentuan dalam mengemban tugas sebagai polisi.

Kegiatan tes psikologi direncanakan secara berkala guna menjaga profesionalitas personel dalam pelaksanaan tugas-tugas kepolisian.

Menurut beberapa sumber tes psikologi diartikan sebagai sebuah kegiatan yang digunakan sebagai kegiatan pengukuran atau penilaian untku mengungap aspek-aspek tertentu dari seseorang melalu cara-cara tertentu dan pastinya sistematik.

Berikut beberapa tujuan diadakannya tes psikolgi :

1.Untuk Mengetahui Tingkat Intelegensi

Dalam tes psikologi intelegensi ini bertujuan untuk mengetahui sebarap besar kemampuan seseorang. Kemampuan ini memiliki beberapa aspek penting dalam tes intelegensi dianataranya tingkat fokus, adaptasi, dan mengahadapi sebuah masalah.

Kemampuan yang pertama adalah kemampuan untuk berfokus dalam menyelesaikan satu-persatu masalah yang dihadapinya. Dalam penarikan kesimpulan tes psikologi, jika seseorang mampu berfokus dan terpusat pada satu masalah dahulu maka bisa dipastikan tingkat intelegensinya terbilang tinggi. Namun jika intelegensi rendah atau rata-rata, maka akan cenderung mudah berpindah ke masalah yang lainnya.

Kemampuan selanjutnya dalam aspek tes psikologi jenis tes intelegensi ini adalah kemapuan untuk beradaptasi. Maksudnya disini adalah apabila tingkat intelegensi yang dihasilkan dalam tes psikologi seseorang tinggi, maka seseorang tersebut cenderung memikirkan lebih dari satu penyelesaian dengan pertimbangan beberapa kemungkinan yang akan muncul dan kemapuan terakhir adalah bagaimana ia mampu menghadapi kritik tajam dari seseorang. Jika tingkat intelegensi seseorang tinggi, maka kritik tersebut akan dijadika sebuah motivasi untuk bisa menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

2.Untuk Mengetahui Bakat Seseorang

Setiap orang diciptakan dengan bakat mereka masing-masing, ada yang ahli bahasa, ahli matematika, musik atau sejenisnya. Bakat itu sendiri merupakan kemampuan khusus seseorang yang kemudian tumbuh menjadi potensi, prestasi dengan diasah melalui latihan-latihan tertentu. Mengetahu bakat yang ada dalam diri ini sangatlah penting, karena dengan mengetahui bakat kita bisa menentukan pilihan terbaik serta sesuai denga kemampuan yang kita punya. Mengetahui bakat dan kemampuan diri ini diperoleh dari tes psikologi.

3.Untuk Mengetahui Kepribadian Seseorang

Kepribadian seseorang bisa kita ketahui dengan melakukan tes psikologi. Dalam tes psikologi jenis tes kepribadian ini biasanya ada observasi, inventori, dan teknik proyektif. Adapun aspek yang diukur dalam tes psikologi ini biasanya seputar pengendalian diri, kepercayaan diri, hubungan interpersonal, komitmen, optimisme dan sepuat kepribadian.

Penulis : Harmeno

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password