Kapolres Polman Mengikuti Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Kepala Kepolisian Resor Polewali Mandar Ajun Komisaris Besar Polisi Muhammad Rifai Sarifuddin, SH. S.IK. mengikuti pelaksanaan Upacara hari kesaktian Pancasila di Kantor Bupati Kab. Polman. Senin (02/10/2017) dengan tema “Kerja Bersama dengan Berlandaskan Pancasila, mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur”.
Adapun yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Polman H. ANDI IBRAHIM MASDAR serta dihadiri oleh Kapolres Polman, Wakapolres Polman, para Kabag,Kasat, Perwira Polres, Dandim 1402 Polmas dan  SKPD lingkup Kab, Polewali Mandar dan seluruh peserta upacara yang berjumlah sekitar 200 (dua ratus) orang. Acara dibuka dengan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara. Selanjutnya, membacakan teks Pancasila, Undang-undang Dasar serta Pembacaan Ikrar.
Bercerita Tentang Adanya Upacara Hari Kesaktian Pancasila, hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia ini, biasanya di setiap Instansi pemerintah dilakuakan upacara. Sementara untuk tingkat Nasional biasanya Upacara dilaksanakan di Lubang Buaya. Memringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober ini lahir karena peristiwa 30 September 1965 atau yang lebih dikenal dengan istilah G-30S PKI (Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia). Dimana tujuh jenderal senior dan beberapa orang lainnya dibunuh secara sadis oleh PKI (Partai Komunis Indonesia) dalam upaya kudeta untuk menghancurkan Pancasila. Para Jenderal dan perwira tersebut kemudian di anugerahi sebagai Pahlawan Revolusi. Berkat keteguhan para Jenderal yang di bunuh tersebut Pancasila hingga saat ini kokoh menjadi Ideologi dasar bangsa dan rakyat Indonesia. Maka dari itu setiap tanggal 1 Oktober di tetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Penulis : Indra Reskiawan

Editor   : Alfian

Publish : Triyono Abidin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password