Bupati Pringsewu Lampung Launcing E-Billing System Pupuk Bersubsidi

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung. Mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, S.Ik. M.Si, Kapolsek Gading Rejo AKP Sarwani, SE menghadiri peresmian louncing E-Billing Systen untuk pemesanan dan penyaluran pupuk bersubsidi di Kabupaten Pringsewu, berlangsung di Kantor UPT Pertanian Wates, Kecamatan Gadingerjo, Selasa (3/10/17)

Dintadai dengan pemukulan kentongan bersama dipimpin Bupati Pringsewu Hi. Sujadi.

Bupati Sujadi mendukung adanya terobosan penebusan pupuk bersubsidi dengan menggunakan fasilitas e-billing yang dikelola penuh oleh pihak Bank Lampung.

“Hal ini juga merupakan salah satu upaya pemerintah dalam upaya memperbaiki tata niaga pupuk bersubsidi,”paparnya.

Program itu merupakan program unggulan yang hanya ada di Provinsi Lampung yang menjadi pilot projectnya ‎dimulai dari Lampung Selatan pada 2016 lalu.

Hi. Sujadi mengharapkan setelah lounching tersebut hingga akhir tahun 2017, para petani dari seluruh kecamatan di Kabupaten Pringsewu sudah dapat menerapkan e-billing tersebut.

Dengan harapan para petani akan lebih terjamin dalam memperoleh pupuk bersubsidi sesuai dengan kuotanya. Juga adanya peningkatan fungsi kelembagaan petani dalam berorganisasi.”Yang terpenting lagi adanya penurunan terhadap penyelewengan penyaluran pupuk bersubsidi,”tuturnya.

Pemukulan kentong bersama menandai dibukanya lounching pemesanan pupuk bersubsidi melalui E-Billing System.
Pemukulan kentong bersama menandai dibukanya lounching pemesanan pupuk bersubsidi melalui E-Billing System.

Namun Bupati Sujadi meminta ‎perlunya pengawalan yang lebih erat lagi dalam penerapan e-billing penyaluran pupuk bersubsidi tersebut. Terutama dalam hal kesiapan operasional penggunaan smartphone atau laptop sebagai pemesanan secara online.Juga harus adanya kesiapan modal penebusan pupuk tersebut.

“Serta merekrut petani yang belum bergabung dalam kelompok tani,”harapnya.

Dia menutukan, sebagai langkah awal, maka operasional pemesanan online akan didukung penuh dengan fasilitas pada penyuluh pertanian, BPP, UPTD serta ketersediaan sarana pada Bank Lampung Cabang Pringsewu.

Disisi Bupati Sujadi menjelaskan, bahwa pengawasan terhadap penyerapan pupuk adalah kunci utaman terutama mempertahankan Pringsewu sebagai lumbung gabah di Provinsi Lampung.

Menurutnya, selama ini selain rendahnya alokasi pupuk bersubsidi, tantangan lainnya yakni keterbatasan SDM kepengurusan kelompok tani, ‎pendataan luas hamparan sawah yang belum optimal serta keterbatasan modal kelompok tani untuk menebus sesuai jadwal.”Maka hal itu harus ada langkah terobosan dalam meningkatkan kualitas penyaluran pupuk bersubsidi tersebut,”harapnya.

Usai launching, dilakukan sosialisasi bagaimana cara penggunaan e-billing system tersebut yang dipandu oleh pihak Bank Lampung Cabang Pringsewu.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Biro Pertanian Provinsi Lampung Hazai Fauzi, Direktur kepatuhan PT.Bank Lampung Yuzar Herrysontanama. Pimpinan Cabang Bank Lampung Pringsewu Malatisnoh, Kadis Pertanian Pringsewu Iskandar Muda, perwakilan TNI dan sejumlah kelompok petani se-Kabupaten Pringsewu. (*)

Penulis : Tim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : N.Muslih / Polres Tanggamus

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password