Tunas Unggul Handayani, Pilot Project Polda DIY – Pemkab Gunungkidul untuk Siapkan Calon Pendaftar Polri

3. MOU poldadiy dgn pemkab gunungkidul

tribratanews.polri.go.id -Jogja, berawal dari keprihatinan animo proses rekruitmen anggota Polri yang berasal dari Kabupaten Gunungkidul sedikit dan berujung pada jumlah yang diterima asal gunungkidul juga sedikit. Maka Polda DIY dan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berinisiatif untuk membuat sebuah kerjasama.

Tujuan diadakannya kerjasama ini adalah untuk membina calon pendaftar potensial yang berasal dan tinggal di wilayah Gunungkidul. Sebagaimana termuat dalam naskah kerjasama yang ditandatangani oleh Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si., dan Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos.

Dalam Program yang dinamai Tunas Unggul Handayani ini, akan dilakukan seleksi kepada sejumlah pemuda yang saat ini duduk di kelas IX SMA, maupun yang sudah lulus, berumur 17 – 21 tahun. Memiliki prestasi, seperti Paskibraka, Aktif dalam Saka Bhayangkara atau Pramuka, dan diutamakan dari keluarga miskin.

Menurut Kabid Humas Polda DIY AKBP Yuliyanto, S.IK., M.Sc., akan dilakukan proses seleksi sebagaimana seleksi masuk anggota Polri. Kepada mereka akan dilakukan pembinaan dalam kurun waktu tertentu, sehingga saat seleksi penerimaan anggota polri dibuka, mereka sudah benar – benar siap.

“Karena mereka akan bersaing juga dengan peserta seleksi yang dari luar Gunungkidul dan tidak ikut program ini untuk mendapatkan rangking,” jelasnya, Selasa (03/10/2017) di Komplek Pemkab Gunungkidul.

Pembinaan tersebut akan dilakukan oleh Polda DIY dan melibatkan aparat dari Pemkab Gunungkidul. Sedangkan pembiayaan didukung dari APBD Kabupaten Gunungkidul.

“Nantinya, mereka akan bertugas untuk membina kamtibmas di Gunungkidul, salah satunya di tempat – tempat wisata yang saat ini belum ada kehadiran Polisi,” pungkas AKBP Yuliyanto.

penulis : TimPro
editor : Alfian
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password