Santuni Nenek Hasma, Kapolres Sinjai kembali Perlihatkan Jiwa Sosialnya

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kapolres Sinjai Akbp Ardiansyah ditengah-tengah kesibukannya dengan pekerjaan dikantor namun tetap meluangkan waktunya untuk mengunjungi warga kurang mampu.

Kali ini kapolres sinjai kembali mengunjungi dan memberikan bantuan kepada warga kurang mampu di Dusun Kaleleng, Desa Saotengah, Kec. Sinjai Tengah, Kab. Sinjai, Senin (02/10/17) siang.

Didampingi Kapolsek Sinjai Tengah Akp Sunyoto dan Kepala Desa Saotengah Ansar serta beberapa personil Polres Sinjai mengunjungi nenek Hasma (60), seorang janda yang sudah empat tahun menderita sakit gula dan lumpuh serta mengalami kebutaan, ia tinggal dalam sebuah rumah yang memperihatinkan dan dihidupi oleh saudaranya.

Dalam kunjungan Kapolres Sinjai menyerahkan langsung bantuan berupa sembako yang diterima oleh kakak kandung nenek Hasma, dengan harapan apa yang diberikan sedikit dapat meringankan beban hidupnya.

Kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian sosial Kapolres Sinjai terhadap warga yang membutuhkan bantuan, “Saya berharap bagi warga yang mempunyai rejeki yang lebih agar sedikit menyisihkan kepada warga kurang mampu, alangkah indahnya hidup jika kita berbagi terhadap sesama yang membutuhkan,” ucap Kapolres.

Aksi sosial yang rutin dilaksanakan Kapolres Sinjai dengan memberikan bantuan-bantuan kepada warga kurang mampu merupakan wujud kepedulian sosial juga sebagai ladang pahala yang membuktikan keiamanan seseorang.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang sedekah yang paling utama, dan jawaban beliau dikaitkan dengan sifat dan kondisi orang yang bersedekah.

Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu menceritakan, bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Ya Rasulullah, sedekah apakah yang paling afdhal?’

Jawab Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

Sedekah yang engkau berikan ketika engkau masih muda, pelit harta, bertumpuk angan-angan untuk hidup mewah, dan takut bangkrut. (HR. Ahmad 7407, Nasai 2554, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Betapa sulitnya orang bersedekah di saat dia sedang mengejar kariernya, harapannya, obsesinya, dan cita-citanya. Mungkin dia butuh perang batin untuk bisa mengeluarkan Rp 20 rb. Karena itulah, nilainya lebih afdhal dari pada yang lainnya.

Disamping itu ada keutamaan lain yang didapatkan Kapolres Sinjai ketika memberikan bantuan kepada nenek Hasma yang merupakan janda.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Orang yang bekerja agar bisa memberi sebagian nafkah kepada janda, dan orang miskin, sebagaimana orang yang berjihad di jalan Allah, atau seperti orang yang tahajud di malam hari, puasa di siang hari.“ (HR. Bukhari 5353 dan Muslim 2982).

Penulis : Abu Uwais

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password