Didampingi Kapolda Sulsel, Kepala BNN Buwas Ceramah Narkoba di Karebosi

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso, memberikan pembekalan kepada Pemuda se Makassar pada acara Forum Konsepsi pemuda melawan Narkoba, di Tribun Lapangan Karebosi. Senin (2/10/2017) yang diselenggarakan dalam rangka Satu Dekade kebersamaan Tim TKP – Unhas 2007 – 2017.

Turut pula Sebanyak 500 an masyarakat dari berbagai elemen di Kota Makassar menghadiri Ceramah Narkoba oleh mantan Kabareskrim tersebut, mereka kemudian dikukuhkan sebagai kader pemuda anti narkoba.

Acara Forum Konsepsi Pemuda Melawan Narkoba dihadiri, Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. Muktiono, Wagub Ir Agus Arifing Numang, Kasdam XIV Hasanuddin, Gubernur Sulsel Ir.H.Syahrul Yasin Limpo, Walikota Makassar Ir Ramdhan Pomanto, Kepala BNNP , dan pejabat – pejabat lainnya.

Walikota Makassar Ir.Ramdhan Pomanto menyampaikan bahwa kebanggaan bagi kota Makassar Kedatangan Kepala BNN Komjen Pol Drs. Budi Waseso Makassar, beberapa program cegah Narkoba di Kota Makassar diantaranya, punya diseragam sekolah berlabel benci narkoba , program jagai anakta , pemberdayaan LPM untuk cegah Narkoba.

Senada dengan Walikota, Gubernur Sulsel menyampaikan, Buwas hadir di Makassar untuk memantau tentang Narkoba, menurut Syahrul, Narkoba bisa hilang apabila seluruh elemen masyarakat, berperang aktif, memerangi Narkoba, diseluruh wilayah sudah ada masing-masung tugas di jajaran SKPD yang menangani pencegahan Narkoba , selain itu Syahrul berharap kepada para Pemuda Anti Narkoba yang telah dilatih, diberikan pembekalan dan dikukuhkan untuk berani menyebarkan informasi tentang bahaya narkotika.

Sementara itu, Kepala BNN Budi Waseso menyampaikan ceramah perlawanan melawan narkoba pada acara Forum Konsepsi pemuda melawan narkoba,
Ini adalah hal positif yang harus dikembangkan terus menerus.

“Ancaman narkoba di Indonesia sangat memprihatinkan dan sangat besar, data narkotika dari China menyebutkan sebesar 250 ton jenis sabu-sabu tahun 2016 masuk dan tidak pernah keluar dari Indonesia bahkan ada 1,2 juta ekstasi dari Belanda masuk ,” ujar Buwas.

lebih lanjut, ia menyampaikan Sekarang korban Narkoba dari semua lini, dan masalahnya narkoba, karena ada demand dan suplai, olehnya itu, saya inginkan pemahaman bahaya narkoba sudah ditanam sejak SD, SMP SMA, , juga kuncinya dari keluarga dalam menangkal narkotika. Para ulama juga berpengaruh besar menangkal narkoba, juga kerjasama Bhabinkamtibmas dan babinsa rajin memberi penyuluha narkoba, karena Narkoba masalah negara.

“Aparat yang narkoba bisa disebut pengkhianat negara, hukum harus tegas, tanpa pandang bulu, terutama pada bandar yang juga ada Jaringan di lapas, jaringan narkoba terbesar datang dari malaysia dan Singapura, kita Harus bekerja serius orang perorang, ini masalah kita semua dan kita semua bisa punya andil, dalam pemberantasan narkoba,”terang Buwas.

Narkotika bukan hanya peredaran gelap dan bisnis karena tujuan besarnya adalah bagaimana menghancurkan bangsa Indonesia ke depan.

“3,4 ton sabu 2016, berhasil ditangkap dari 11 negara penyuplai narkoba, namun terbesar ada di 2 negara, Singapura dan Malaysia, saat ini di seluruh dunia ada 800 jenis narkoba model baru, dan baru 68 jenis baru tersebut sudah didapat di Indinesia, “lanjut Budi Waseso.

“Terima kasih kepada Walikota Makassar, Gubernur Sulsel, dan Kapolda Sulsel yang secara intens dan konsisten memerangi narkoba, kami menghimbau agar para pemuda penggiat narkoba di aktifkan dan didukung oleh kepala daerah di wilayahnya untuk dilakukan kegiatan nyata, seluruh komponen bangsa harus melakukan upaya kegiatan nyata memerangi narkoba terutama pemudanya, namun yang paling penting juga yaitu Peran pembinaan ibu rumah tangga dari keluarga menyelesaikan permasalah narkoba ,” tambahnya.

Usai Ceramah Narkoba,Wakil Gubernur Sulsel sebagai penyelenggara Forum Konsepsi Pemuda menyerahkan plakat ke Kepala BNN Indonesia , dan Kapolda Sulsel. Sementara itu, Kepala BNN menyerahkan bahan ajar modul tentang bahya narkba untuk SD, SMP, SMA ke Gubernur Sulsel.

Penulis : Bara

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password