Polrestabes Makassar Dukung Program Germas Pemprov Sulsel

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di 1000 titik Puskesmas, Pustu dan Klinik di 24 kabupaten dan kota yang dicanangkan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo kini sampai dititik 84 yaitu di Klinik Polrestabes Makassar, Senin (02/10/17).

Kegiatan ini juga diselenggarakan dalam rangka hari jadi Provinsi Sulsel ke-348 untuk tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama–sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Terlihat beberapa perwira Polrestabes Makassar dicek kesehatannya oleh Dokter dari tim Germas serta disuguhkan makanan sehat berupa buah-buahan.

Artikel, Polrestabes Makassar Dukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat1

Germas ini dimaksudkan untuk mensinergikan tindakan preventif dan promotif untuk mewujudkan masyarakat yang sehat.

Dalam Germas ini, Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel memfasilitasi pemeriksaan kesehatan gratis, di antaranya pemeriksaan gula darah, golongan darah, kadar hemoglobin darah, kolesterol, deteksi dini kelainan kulit kusta, dan karies gigi.

Selain itu juga dilakukan Gerakan Kesorga (Kesehatan Olah Raga), konsumsi sayur, dan buah lokal.

Dengan menerapkan pola hidup sehat ini kita dapat memperoleh banyak manfaat, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut alasan mengapa perlu menerapkan pola hidup sehat?

1.Mengurangi stress

Pola hidup sehat tidak hanya mempengaruhi kondisi fisik. Dalam otak, terdapat beberapa bagian yang dapat mengatur mood. Dengan mood yang baik, semangat untuk beraktivitas akan meningkat, tidur lebih berkualitas, serta kemampuan untuk fokus terhadap suatu hal pun menjadi lebih baik. Menerapkan pola hidup sehat juga dapat mengurangi tingkat stress.

2.Meningkatkan energi

Pola hidup sehat identik dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi serta olahraga teratur yang secara langsung dapat membantu peningkatan energi. Olahraga akan membantu melepaskan endorfin. Endorfin, selain dapat membuat perasaan lebih baik, juga dapat membantu meningkatkan energi.

3.Mengurangi resiko terkena penyakit

Menjaga pola makan serta aktif berolahraga merupakan kunci pola hidup sehat. Dengan paduan tersebut, resiko beberapa penyakit, seperti diabetes, jantung, stroke dan hipertensi dapat dihindari.

4.Menjaga produktivitas

Menganut pola hidup sehat akan berdampak pada meningkatnya produktivitas. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Population Health Management pada tahun 2012 menyatakan bahwa mengonsumsi makananan kurang sehat dapat meningkatkan resiko penurunan produktivitas hingga sebesar 66%.

5.Menjaga berat badan tetap stabil

Pola hidup sehat dapat dimulai dengan hal simpel sekalipun, misalnya dengan sarapan pagi untuk membantu proses metabolisme, mengganti makanan yang mengandung gula berlebihan serta soda dengan buah ataupun air putih.

Dalam jangka panjang, kebiasaan baik ini akan membawa dampak baik bagi tubuh, yaitu menjaga stabilnya berat badan. Selain berat badan, kesehatan gigi, kulit, serta kuku juga dapat meningkat apabila menjalani pola hidup sehat.

Penulis : Taufik

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password