Bhayangkari Ranting Petasia bantu warga miskin terbitkan akta lahir

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng – Polres Morowali – Akta kelahiran adalah akta catatan sipil hasil pencatatan terhadap peristiwa
kelahiran seseorang. Sampai saat ini masih banyak anak Indonesia khususnya di wilayah Kab.Morowali dan Kab.Morowali Utara yang identitasnya tidak/belum tercatat dalam akta kelahiran, secara de jure keberadaannya dianggap tidak ada oleh negara. Hal ini mengakibatkan anak yang lahir tersebut tidak tercatat namanya, silsilah dan kewarganegaraannya serta tidak terlindungi keberadaanya. Banyak permasalahan yang terjadi berpangkal dari manipulasi (rekayasa) identitas anak, semakin tidak jelas identitas seorang anak, maka semakin mudah terjadi eksploitasi terhadap anak seperti anak menjadi korban perdagangan bayi.

Menanggapi hal tersebut Kapolsek Petasia Polres Morowali dan Ketua Bhayangkari Ranting Petasia Cabang Morowali beserta personel Polsek Petasia beserta Bhayangkarinya melaksanakan pembuatan akta lahir gratis bagi keluarga tidak mampu (miskin).

“Pembuatan akta kenal lahir dilaksanakan oleh Bhayangkari Ranting Petasia dan telah berkoordinasi dengan pihak Dinas Dukcapil Kab Morowali Utara sehingga pengurusan serta penerbitannya dapat selesai dengan cepat” ucap Kapolsek yang gemar moge ini.

Dengan mendata anak yang kurang mampu di desa/kelurahan binaan di wilayah hukum Polsek Petasia dengan melibatkan peran aktif para Bhabinkamtibmas kemudian data tersebut diserahkan kepada Kapolsek dan Kapolsek berkoordinaai dengan staf Dukcapil Kab.Morowali Utara sehingga terbit dengan tepat waktu.

Kegiatan tersebut dalam rangkaian memperingati HKGB ke 65 yang dimulai sejak tanggal 28 September 2017 hingga 29 September 2017 dan berhasil membantu dalam menerbitkan akta lahir sebanyak 15 anak “tandas mantan Kapolsek Lembo tersebut.

Penulis      : Tim
Editor        : Umi Fadilah
Publish      : Abdi.s

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password