Hari Kesaktian Pancasila, Kapolres Tebo : Pancasila Pemersatu Bangsa

Tribratanewspolri.go.id, Polda Jambi Res Tebo – Polres Tebo, gelar Upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2017. Upacara dilaksanakan di halaman Mako Polres Tebo, Minggu (1/10/2017) pagi.

Bertindak sebagai inspektur Upacara, Kapolres Tebo Budi Rachmat. Hadir dalam upacara kali ini, Waka Polres Tebo, Para kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran, para Perwira, Brigadir dan  ASN Polres Tebo.

Kapolres Tebo, AKBP Budi Rachmat dalam arahanya menyebutkan, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut, merupakan pemersatu bangsa dan negara seca utuh, Pancasila telah memperkuat sendi-sendi kehidupan sosial, ekonomi, budaya politik masyarakat.

“Nilai-nilai Pancasila telah membuat masyarkat kita semakin matang dalam kehidupan politik, sebagai mana telah kita tampilkan dalam pemilu beberapa waktu yang lalu. Hal ini juga sekaligus menepis seolah-olah Pancasila kurang memperoleh perhatian bersama sejak reformasi 1998,”ujar Kapolres Tebo.

Kapolres Tebo menambahkan, tahun 2017 tema peringatan kesaktian Pancasila adalah kerja bersama berlandaskan Pancasila mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

“Membangun bansa dan negara yang kita cintai ini, dibutuhkan kerja keras bersama berlandaskan Pancasila. Pancasila menjadi acuan kita dalam mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera,”paparnya.

Selain itu, Kapolres Tebo juga menyampaikan, dalam era globalisasi adalah terjadinya lintas batas nilai-nilai antar bangsa bahkan antar komunitas atau kelompok masyarakat yang lebih kecil.

“Nilai atau paham yang melintas batas itu adalah Radikalisme. Paham ini karakternya adalah selalu merasa paling benar sendiri dan mengabaikan hak-hak dasar orang lain,”Jelas Kapolres.

Ditambahkannya, Radikalisme dan paham sejenis lainya sangatlah bertentangan dengan Pancasila yang sangat menghormati dan menghargai Pancasila serta Kebhinekaan.

“Kita harus bersyukur dan terus memperkuat Pancasila yang telah mewujudkan dan memungkinkan kita hidup berdampingan secara damai, harmonis dan penuh toleransi dengan siapa saja yang berbeda agama, suku, ras, adat istiadat dalam bingkai negara kesatuan republik indonesia. Sekaligus kita harus bersama mengikis benih dan tumbuhnya paham Radikalisme,”pungkas Kapolres.

Penulis   : Roy / Res Tebo Polda Jambi

Editor    : Alfian

Publish  : Dian SM / Res Tebo Polda Jambi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password