Puluhan Personil Polres Lampung Barat Lakukan Tes Urine Dadakan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung/Polres Lampung Barat. puluhan personil polisi di Pores Lampung Barat menjalani pemeriksaan dan tes urine secara mendadak oleh tim medis Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung berlangsung di aula Januraga Polres Lampung Barat di pimpin Dr. M. Faizal Zulkarnain, So, KF, MH. Kes. Bersama 5 anggota Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung lainya.

Selesai pelaksanaan apel pagi, puluhan personil polisi diminta memasuki ruangan januraga satu persatu bergantian di kamar kecil dengan pengamanan dan pengawasan Waka Polres Kompol Sukandar,S.H. bersama Kasi Propam Ipda Rekson Syahrul berikut personil Propam Polres Lambar. Beberapa diantara polisi langsung terkejut dan kelabakan, karena tak menduga akan ada tes urine dadakan.

WhatsApp Image 2017-09-29 at 10.12.44Waka Polres Kompol Sukandara,S.H. di dampingi Kanit Provost Ipda Rekson Sahrul mengatakan, sebanyak 127 anggota telah menyerahkan urinenya untuk dilakukan pemeriksaan, “Sampai detik ini, ada sekitar 127 anggota yang telah dites urine,” ujarnya Waka Polres disela pengambilan tes urine.

Pengambilan tes urine yang digelar hari ini sangat maksimal hanya beberapa anggota saja yang belum melaksanakan karena masih ada bebera anggota yang melaksanakan dinas itupun akan dilaksanakan tes urin susulan. untuk pengambilan tes urine terhadap anggota yang belum diambil urinenya,”jelas waka.

WhatsApp Image 2017-09-29 at 10.12.51 (1)Sementara Kapolres Lampung Barat AKBP Tri Suhartanto,S.Ik. saat di konvirmasi menjelaskan, tes urine merupakan kegiatan rutin yang dilakukan kepada seluruh anggota Polri dan PNS dengan tujuan untuk memelihara dan membina sekaligus pembelajaran baik kepada internal Polri agar tidak mencoba narkoba. Selain itu tes urine ini juga akan mengedukasi masyarakat upaya Polri dalam upaya penegakan hukum yang obyek kepada internal kepolisian,”Ujara Kapolres Lambar jumat 29/09/2017.

Disinggung jika ada anggota yang terindikasi menggunakan narkoba, AKBP Tri Suhartanto,S.Ik. menyatakan, jika itu terjadi pasti akan ada upaya penegakan hukum disiplin. Namun sebelum itu, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan verifikasi di rumah sakit Bhayangkara.

WhatsApp Image 2017-09-29 at 10.12.50“Baru nanti kita tindak lanjuti kalau memang ada anggota yang terindikasi, karena yang bersangkutan harus mempertanggungjawabkannnya,” kata Kapolres.

Penegakan hukum yang dilakukan disiplin dengan berbagai konsekwensi, diantaranya penundaan sekolah, pangkat maupun pemindahan. “Upaya ini bukan hanya orientasi penegakan hukum, akan tetapi pada langkah pencegahan. Tentunya ini memberikan efek agar tidak menggunakan narkoba. Tapi jika nanti kita temukan, kepastian hukum harus ditegakkan,”tegas Kapolres.

Sementara hasil dari 127 personil tes urin, dan Absensi Ada Pada Team Dokpol Rumkit Bhayangkara Polda Lampung tidak di temukan Lahgun Narkoba,”imbuh Kapolres.

Penulis         : Edi Susanto/Polres Lampung Barat

Editor           : Alfian Nurnas

Publis           : Edi Susanto

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password