Bhabinkamtibmas Desa Fatuvia bantu selesaikan sengketa tanah

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng – Polres Morowali – Keberadaan serta peran personel Bhabinkamtibmas di desa-desa sangat diharapkan oleh masyarakat. Peran Bhabinkamtibmas sebagai pemecah masalah (problem solving) merupakan salah satu peran dan tugas Bhabinkamtibmas berada di desa bukan menjadi sumber masalah “kata Kapolres AKBP EDWARD INDHARMAWAN E.C.SIK.

Hal tersebut dilakukan oleh salah satu personel Bhabinkamtibmas di Polsek Bahodopi. Personel Bhabinkamtibmas Ds fatufia Bripka UNTUNG pada hari Rabu (27/9/2017) sekitar jam 09.00 wita Bersama Kepala Desa fatufia Pak AMIRUDIN,para perangkat desa Dan Babinsa Desa Fatufia Serma ASIZ, Melakukan Mediasi permasalahan tanah antara Lk ANDI BASO dengan Lk ACO yang mana pada awalnya lokasi tanah yang jadi sengketa adalah Budel Lk ACO. Dengan Luas tanah 30X140 meter persegi bertempat di desa fatufia Kec.Bahodopi Kab.Morowali selanjutnya menurut ANDI BASO tanah tersebut dibeli dari Kakek Lk ACO pada tahun 1990.

Dalam perjanjian surat jual beli tanah tersebut ditanda tangani oleh mantan kades Pak Simon sementara di tahun 1990 yang menjabat sebagai kades adalah Pak MUH ALI(ALM).

Melihat dari Alas bukti yang ditunjukan Lk BASO membuat Lk ACO tidak terima dengan Ke Afsahan Legalitas yang di miliki Lk Andi baso.

Menanggapi hal tersebut personel Bahbinkamtibmas mengambil alih permaslahan sengketa tanah tersebut dan menyarankan agar permasalahan tersebut untuk dimediasikan di tingkat Kecamatan mengingat tingkat kerawanan apabila di selesaikan di tingkat desa.

Dan untuk sementara melarang kedua belah pihak untuk melakukan aktifitas di lahan yang menjadi sengketa selama permasahan sengketa belum selesai dan mencari bukti-bukti dan para saksi- saksi yang mengetahui asal usul tanah sengketa tersebut untuk dihadirkan saat masalah tersebut akan diselesaikan didalam di tingkat kecamatan.

Penulis      : Tim
Editor        : Umi Fadilah
Publish      : Abdi.s

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password