Bersama Peserta Rakor, Polres Barito Kuala Ikut Hasilkan Solusi tentang Angkutan Sawit

Tribratanews.polri.go.id, Polres Barito Kuala – Rapat Koordinasi Pengendalian Angkutan Sawit di wilayah Kabupaten Barito Kuala digelar di ruang rapat RM Pawon Tlogo Jalan Trans Kalimantan Km 5.5, Kelurahan Handil Bhakti, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Rabu (27/9/2017).

Hadir dalam Rakor tersebut, yakni Asisten II Pemkab Batola Bidang Ekonomi M Antono S,Sos, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Batola Ahmad Wahyuni S,Sos, Dishutbun Kabupaten Batola Drs Purkan, Kepala Kesbangpolinmas Kabupaten Batola Drs Noor Ipani, dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batola Drs Syamsul Arifin.

Selanjutnya, Pasi intel Kodim 1005 Marabahan Kapten Inf Warianto, Kasat Lantas Polres Batola AKP Winda Adhiningrum SH SIK, perwakilan Perusahaan Perkebunan Sawit, Ketua Koperasi Jaya Utama, Saptin Anwar Hadi serta Transportir pengangkut TBS.

Tujuan kegiatan ini untuk mencari solusi bagi angkutan sawit untuk melakukan aktivitas angkutan di jalan umum (nasional, provinsi, kabupaten) agar tercipta Kamseltibcar Lantas di jalan raya.

Hasil kesepakatan dari rapat sendiri, antara lain pengangkutan hasil sawit (TBS) oleh transportir dimulai sekitar pukul 16.00 hingga 06.00 Wita. Kemudian jarak truk pengangkut TBS yang melewati jalan nasional, provinsi, kabupaten dengan truk lainnya, 100 meter. Selanjutnya, muatan truk pengangkut TBS harus sesuai aturan maksimal 8 ton dan menggunakan penutup, apabila melanggar akan dilakukan penindakan.

Juga tentang rayonisasi hasil sawit dari provinsi Kalteng yang dikelola oleh warga Batola agar dibuatkan surat pernyataan bahwa yang mempunyai lahan asli warga Batola yang dilampiri luas lahan dan fotocopy kontrak dan disampaikan ke Bupati melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan.

Truk Pengangkut TBS harus disertai surat keterangan asal usul TBS, apabila TBS tersebut berasal dari diluar Kalsel. Selain itu, supir truk pengangkut TBS dilarang kebut-kebutan dan melengkapi kelengkapan mobil angkutan termasuk KIR. Terakhir, kesepakatan ini berlaku mulai 1 Oktober 2017.

Penulis : Winda

Editor : Alfian

Publish : Sayyid M.R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password