Polisi Dibantu Warga Pesawaran Berhasil Menangkap Penipu yang Perdayai Warga Pringsewu Lampung

IMG_20170928_3675

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung. Polsek Gedong Tataan Polres Pesawaran dibantu warga berhasil mengamankan HS (38) terduga pelaku tindak pidana penipuan dan penggelapan (Tipu Gelap) sepeda motor milik korban Suyatmin (47) warga Desa Marga kaya, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu.

Kapolsek Gedong Tataan Kompol Bunyamin SH, MH mewakili Kapolres Pesawaran AKBP Mohamad Syarhan S.Ik, MH mengatakan, HS berhasil ditangkap atas bantuan warga pada Rabu (27/09/17) jam 18.30 WIB di Desa Kutoharjo, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran.

“HS merupakan warga Dusun Kalanderen, Desa Ploso Klaten, Kecamatan Ploso Klaten, Kabupaten Kediri.”, kata Kompol Bunyamin, Kamis (28/9/17)

Lanjutnya, HS melakukan aksi kejahatannya dengan berpura-pura akan membeli tanah korban dan meminta korban mengantarkan pelaku ke lokasi, setelah melihat lokasi lalu pelaku mengajak korban untuk mengambil uang dirumahnya yang berada dibandar Lampung menggunakan sepeda motor korban.

“Karena korban percaya, korban dibonceng oleh HS, sesampainya di Desa Kutoharjo, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran pelaku memberi korban uang sebesar Rp. 20 ribu dan menyuruh korban turun dari sepeda motor untuk membeli minuman di Alfamart, setelah korban turun dan masuk kedalam Alfamart kemudian korban melihat pelaku kabur membawa sepeda motor milik korban”, jelasnya.

Beruntung, ketika korban meminta bantuan kepada warga sekitar, pelaku terjatuh kemudian pelaku diamankan oleh warga dan Bhabinkamtibmas Desa Kutoharjo.

Saat ini pelaku dan barang bukti telah diamankan di Polsek Gedong Tataan Polres Pesawaran untuk dilakukan penyelidikan dan Penyidikan lebih lanjut.

“Atas perbuatannya HS disangkakan atas tindak pidana penipuan atau penggelapan sebagaimana pasal 378 atau 372 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara”, pungkasnya. (*)

Penulis : N.Muslih / Polda Lampung
Editor : Alfian Nurnas
Publish : N.Muslih Lpg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password