Kapolda Sulut Pimpin Gelar Binopsnal Jajaran

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Polda Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan Gelar Pembinaan dan Operasional (Gelar Binopsnal) yang diikuti oleh seluruh Kasatker dan Kasatwil seluruh jajaran, Kamis (28/09/2017), di Fourpoints By Sheraton Hotel, Manado.

Gelar Binopsnal ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sulut, Irjen Pol Drs. Bambang Waskito, didampingi Wakapolda, Brigjen Pol Drs. Johni Asadoma dan Irwasda, Kombes Pol Hotman Simatupang.

Kapolda dalam kesempatan tersebut mengingatkan kembali  bahwa tugas pokok Polri adalah untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta penegakan hukum.

Hal tersebut, lanjut Kapolda, bukan hanya sebagai retorika belaka saja, akan tetapi sebagai aparat penegak hukum harus mampu melaksanakan tugas dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat guna mendukung agenda pemerintah.

“Polda Sulut harus mampu mendukung agenda pemerintah, utamanya dalam melancarkan dan mengamankan program pembangunan nasional guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Kapolda.

Sebagai wujud dukungan terhadap agenda pemerintah, Polda Sulut secara rutin menggelar rapat koordinasi termasuk Gelar Binopsnal, yang menurut Kapolda bertujuan untuk menganalisa, mengevaluasi serta merencanakan cara bertindak guna menghadapi tugas ke depan yang semakin berat dan kompleks.

Selain mendengarkan paparan dari internal Polri terkait anev gangguan kamtibmas di Sulut, penyerapan anggaran dan kesiapan menghadapi Pilkada, dalam acara Gelar Binopsnal ini juga menghadirkan pembicara dari eksternal Polri, diantaranya Kepala Kanwil Pajak Sulut, Kepala Perwakilan BPKP Sulut, Kepala BNNP Sulut dan Ketua KPU Sulut.

Kapolda berharap anggota Polri di lapangan dapat mengedepankan tindakan kepolisian preemtif dan preventif guna mencegah terjadinya tindak pidana dan gangguan kamtibmas dengan mengedepankan peran Bhabinkamtibmas dan BA Pulbaket untuk mendeteksi sedini mungkin isu-isu yang berkembang di masyarakat sehingga tidak menjadi gangguan kamtibmas.

Kapolda juga menginstruksikan kepada seluruh jajaran agar melaksanakan dan mengintensifkan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan dengan sasaran street crime, sajam, curanmor, perjudian dan miras.
“Laksanakan dan intensifkan kegiatan pembinaan penyuluhan kesadaran hukum dengan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, LSM dan ormas lainnya sehingga masyarakat tidak mudah terprovokasi untuk berbuat anarkis atau main hakim sendiri,” pinta Kapolda.

Terhadap setiap pelaku kejahatan, Kapolda pun tak segan-segan memerintahkan jajarannya untuk melakukan tindakan tegas dan terukur serta tepat sasaran sesuai dengan ketentuan hukum.

“Berdayakan peran perangkat pemerintahan pada setiap level dan potensi masyarakat untuk turut serta berpartisipasi membantu Polri mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif melalui konsep community policing,” pungkas Kapolda.

Penulis: Pri
Editor: Alfian
Publish: Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password