Kapolres Pelabuhan Makassar Apresiasi Inovasi Bhabinkamtibmas Kelurahan Melayu Bangun Bank Sampah

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Program Bank Sampah yang dibuat Bhabinkamtibmas Kelurahan Melayu Baru Bripda Ikhsan mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Said Anna Fauza yang meresmikan langsung Bank Sampah di Kelurahan Melayu, Senin (25/09/17).

Selain Kapolres Pelabuhan Makassar, turut hadir Wakapolres Pelabuhan Makassar, Para kabag, Kapolsek serta Para kasat dan dihadiri Camat Wajo Makassar Ansaruddin, Kepala Dinas Sosial Kota Makassar Muctar Tahir dan Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar Andi Iskandar.

Hadir pula Wakil Bank Sampah/Ketua RW II Kelurahan Melayu Baru Rosiham, Babinsa Kelurahan Melayu Baru Serka Fatahuddin dan Serda Tamsir, Lurah Melayu Baru Andi Arifin BP, RW/RT Kelurahan Melayu Baru Kec. Wajo Makassar.

Dengan adanya bank sampah yang berfungsi untuk mendaur ulang sampah, diharapkan nantinya akan mewujudkan Kota Makassar menjadi Kota bersih dari  sampah.

Sampah yang ada di Makassar perlu dikelolah dan semua pihak sangat mendukung dengan adanya program Bank Sampah Bhabinkamtibmas dan sangat bangga karena ketua bank sampah yang ada di kelurahan melayu baru merupakan anggota Polri yang peduli dengan lingkungan kita.

Semua Pihak yang terkait siap membantu dan menfasilitasi dan semoga kegiatan ini dapat menjamur ditiap kelurahan lainya, dengan adanya gerakan  Bank Sampah Bhabinkamtibmas tersebut akan ikut turut andil dalam merebut piala adipura dikota Makassar.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Pelabuhan menyampaikan bahwa Polres Pelabuhan akan membekali seluruh personil polres pelabuhan Makassar terkait manfaat dengan adanya Bank sampah.

“Melalui program Bank Sampah kami personil Polres Pelabuhan Makassar meminta dukungan dari instansi terkait untuk menyukseskan program ini,” kata Kapolres AKBP Said.

Selanjutnya dilakukan penimbangan sampah secara simbolis oleh Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Said Anna Fauza disaksikan oleh para tamu undangan dimana terdapat 16 karung berisikan botol plastik.

Bank sampah induk ini menjadi obyek pengabdian Bripda Ikhsan Kepada masyarakatnya. Prinsip dasar pengelolaan sampah yang ramah lingkungan adalah harus diawali oleh perubahan cara kita memandang dan memperlakukan sampah.

Paradigma pengelolaan sampah yang bertumpu pada pendekatan akhir sudah saatnya ditinggalkan dan diganti dengan paradigma baru pengelolaan sampah. Paradigma baru adalah memandang sampah sebagai sumber daya yang mempunyai nilai ekonomis dan dapat dimanfaatkan, misalnya untuk kompos dan pakan ternak. Pengelolaan sampah tidak hanya dilakukan pada rumah tangga saja, tetapi juga dapat dilakukan di perkantoran sebagai bagian dari perwujudan eco-office.

Penulis : Harmeno

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password