Komplotan Pelaku Curnak di Soppeng Berhasil Dibekuk, Satu Orang Dihadiahi Timah Panas

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Polres Soppeng menggelar press release pengungkapan kasus pencurian ternak (Curnak) di Kecamatan Dori- donri dengan menangkap empat orang pelaku, Selasa (26/9/17).

“Kamis lalu (21/9) kami berhasil menangkap HH warga Lacokkong, Kabupaten Bone dan HL Warga Salonro, Kabupaten Soppeng, yang diduga dalang dan perekrut eksekutor sekaligus sebagai penadah curnak,” ungkap Kapolres Soppeng AKBP Indra Lutrianto Amstono.

Setelah melakukan penangkapan, kata Kapolres, Tim melakukan pengembangan kasus dan kembali membekuk dua tersangka baru, yakni AK dan AD, di Kecamatan Dori- donri.

Saat melakukan penangkapan, AK berupaya melawan dan kabur sehingga pihak Kepolisian melakukan tindakan tegas terukur berupa tembakan pada betis pelaku.

“Saat pencarian barang bukti, salah satu pelaku berupaya kabur, sehingga polisi melakukan tindakan tegas setelah tembakan peringatan tidak dihiraukan,” tambah Kapolres.

Dari hasil pemeriksaan awal para pelaku sudah melakukan aksi pencurian ternak masing- masing di Kecamatan Ganra, Kecamatan Donri- donri dan Kecamatan Lalabata dengan jumlah ternak curian sebanyak 6 ekor yang telah disembelih untuk dijual dagingnya.

Pada penangkapan ini, Polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa atu Unit Mobil Suzuki pick up Mega carry warna putih dan Satu Unit Mobil Xenia Warna Putih.

Saat ini pihaknya masih tengah melakukan pengembangan dan pengejaran terhadap pelaku lainnya yang saat ini sudah berstatus DPO, masing- masing berinisial J, I, M dan U.

Semakin maraknya kasus pencurian ternak membuat masyarakat menjadi resah, pelaku pencurian ternak bukan lagi pelaku yang amatir bahkan ada pelaku yang memang sudah menjadi spesialis curi ternak, sehingga dengan mengetahui faktor- faktor pencurian ternak kita dapat mengetahui apa yang menjadi penyebabnya dan dapat mengetahui penanggulangannya.

Faktor-faktor penyebab terjadinya tindak pidana pencurian ternak diantaranya faktor ekonomi, faktor niat dan kesempatan, faktor karena mudah diperjual belikan, faktor TKP karena mudah dimasuki oleh pelaku dan faktor pelaku yang sudah menjadi profesi khusus atau spesialis curi ternak.

Untuk mencegah pencurian hewan peliharaan, Anda harus waspada. Ada hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga hewan peliharaan anda aman. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

1.Pastikan bahwa hewan peliharaan terdaftar dan berlisensi.

2.Tinggal dilingkungan yang aman.

3.Jangan pernah meninggalkan tanpa pengawasan hewan peliharaan Anda.

4.Beritahu petugas keamanan atau petugas penegak hukum segera setelah anda menyadari hewan peliharaan anda hilang.

5.Tetap waspada dan menjaga pengawasan yang ketat pada hewan anda.

Penulis : Abu Uwais

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password