Kapolda Kalsel: Meski Cuma Lima Butir Sikat Aja, Ingat Itu!

Tribratanews.polri.go.id- Kapolda Kalsel Brigjen Rachmat Mulyana meminta polisi memberantas pengedar narkoba. “Meskipun cuma lima butir sikat. Jangan biarkan,” tegasnya saat berkunjung ke Mapolres Kotabaru, Rabu (20/9) tadi.

Kapolda menilai, narkoba utamanya penggunaan obat keras untuk mabuk, adalah salah satu ancaman bagi generasi muda di Banua. “Jangan kasih ampun. Tangkap semua pengedar dan produsennya,” tegasnya.

Kapolres Kotabaru AKBP Suhasto, sebelumnya memang membenarkan, telah terjadi peningkatan jumlah pengedar dan pengguna di Kotabaru. Namun tegasnya, polisi justru semakin maksimal melakukan penangkapan. “Ya faktanya begitu. Semakin banyak pengedar,” keluhnya, seraya menduga itu disebabkan hukuman yang ringan kepada pengedar.

“Kita target tiap Polsek minimal satu tangkapan per bulan. Sementara Sat Narkoba minimal lima tangkapan,” tegasnya.

Zenith lanjutnya digunakan mayoritas oleh generasi muda. Karena masalah gaya hidup. “Kalau ini terus terjadi, bisa saja Kotabaru tidak akan memiliki generasi yang sehat nanti. Pokoknya kami harap, masyarakat jangan diam, laporkan kepada kami kalau ada informasi soal narkoba,” pintanya.

Namun kata Suhasto, salah satu sebab meningkatkan pengedar zenith adalah lemahnya hukuman. “Dari data kami, pengedar zenith rata-rata hanya dihukum tiga bulan. Sementara keuntungan pengedar dalam sebulan itu puluhan bahkan ratusan juta,” ungkapnya.

Seperti telah diberitakan, baru-baru tadi Polres Kotabaru menangkap seorang pemuda yang merupakan pemain baru. Dalam sebulan dia bisa menjual sekitar 35.000 butir pil zenith, keuntungan total mencapai Rp45 juta Rupiah.

Penjualan itu kepada pengedar di lapangan, yang juga mendapatkan keuntungan setara hasil menjual kepada konsumen. “Memang banyak untungnya. Kami juga ada menemukan ibu di pasar yang dulu jualan sayur, sekarang nyambi jual zenith,” keluh Kapolres.

Penulis : Yudha Krisyanto

Editor   : Alfian

Publish : Drs Hamsan

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password