Polda Kalsel Tilang 29 Taksi Tidak Berizin

Tribratanews.polri.go.id- Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel telah memberikan sanksi tilang terhadap 29 angkutan atau taksi yang tidak berizin di kota setempat.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Kalsel AKBP Afri Darmawan SIK MH di Banjarmasin, Sabtu, mengatakan pelanggar itu dikenakan Pasal 308 huruf b Undang-Undang No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dikatakannya, Pasal tersebut berbunyi angkutan umum atau orang yang tidak memiliki izin menyelenggarakan angkutan orang tidak dalam trayek didenda Rp500.000.

Selain penegakan hukum berupa tilang, ungkap Afri, pihaknya juga sudah melakukan berbagai upaya preemtif dan preventif, sehingga tidak ada lagi pelanggaran yang terjadi di jalan raya terkait angkutan orang tersebut.

Meningkatnya intensitas Kepolisian melakukan penertiban itu menyusul mulai maraknya taksi daring berbasis aplikasi yang sudah mengarah pada gejolak gesekan alias pertentangan dari para sopir angkutan konvensional.

Bahkan di Banjarmasin dan Banjarbaru sudah terjadi aksi pengerusakan mobil dan intimidasi kepada sopir taksi daring oleh para angkutan umum konvensional.

Afri pun meminta Satlantas di Polres untuk memasang spanduk imbauan tentang sanksi yang didapatkan jika ada taksi tak berizin menyelenggarakan angkutan.

“Kami harap dengan adanya sosialisasi ini para pengemudi angkutan tak berizin bisa memahaminya, sehingga kalau terjaring razia sudah tahu konsekuensinya hukumnya,” tutur Afri kepada Kantor Berita Antara.

Dia juga mengatakan, terkait adanya intimidasi dan pengrusakan terhadap taksi online, Afri menilai hal itu sudah masuk ranah pidana dan pelakunya harus ditindak secara hukum.

“Kami ingatkan juga kepada sopir angkutan konvensional agar tidak main hakim sendiri, laporkan ke Polantas jika memang mengetahui adanya taksi yang diduga ilegal sehingga anggota nanti yang menindaknya,” ujar Afri.

Penulis : Yudha Krisyanto

Editor   :Alfian

Publish : Drs Hamsan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password