Polres Bangkalan dan Instansi Terkait Siaga Menanggulangi Karhutla

Tribratanews.polri.go.id – Polres Bangkalan, Kapolres Bangkalan AKBP Anissullah M. Ridha, S.I.K., S.H., M.H. pimpin apel Penggelaran Peralatan dan Simulasi Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) yang diikuti oleh beberapa instansi terkait di Lapangan Hijau Mapolres Bangkalan, pada Senin (25/9/2017) pukul 07.00 WIB.

Apel gelar peralatan dan simulasi ini diikuti oleh pejabat Forpimda Bangkalan, pasukan TNI AL Batuporon, pasukan TNI AD Kodim 0289/Bangkalan, Dinas Perhubungan (Dishub), Polisi Kehutanan (Polhut), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan, Dinas Kebakaran Bangkalan, peleton Satlantas, peleton Satbhara dan peleton Polsek jajaran.

Salah satu cara penanggulangan Karhutla yang sederhana namun cukup efektif yakni menggunakan tongkat panjang terbuat dari bambu sekitar sekitar 5 meter, yang ujungnya dibentuk melebar seperti pemukul kasur diharapkan mampu memadamkan api dengan cara dipukul-pukul pada rumput atau semak-semak yang terbakar dengan jarak sekitar 5 meter.

Guna memaksimalkan penanggulangan Karhutla, Kapolres Bangkalan merekomendasikan kepada jajarannya sampai dengan tingkat desa, baik itu pemerintah daerah, TNI, Polsek, dan SKPD lainnya untuk mensosialisasikan tentang pentingnya pencegahan awal dari karhutla.

Diakhir sambutannya Kapolres Bangkalan meminta semua instansi di wilayah hukum Bangkalan untuk menghilangkan egosektorial aksi pencegahan dan pengendalian bisa lebih efektif. “Jangan hanya memantau dari belakang meja, saya minta lihat dan turun langsung ke lapangan” tutup Pak Anissullah M. Ridha.

Penulis : Moh. Firdaus

Editor : Alfian

Publish : Bidarudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password