Wakapolda Maluku Utara Pimpin Upacara Pembukaan Perkemahan Bhakti Saka Bhayangkara

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Wakapolda Maluku Utara Kombes Pol Drs. C.B.S. Nasution. M.Si Mempin secara langsung Upacara pembukaan perkemahan Bhakti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Daerah II Maluku Utara, pagi tadi di bumi perkemahan Gambesi.

Upacara pembukaan perkemahan tersebut di tandai dengan penyamatan tanda peserta perkemahan Saka Bhayangkara oleh Wakapolda Maluku Utara kepada peserta perkemahan.

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa kepanduan telah ada di bumi pertiwi semenjak masa penjajahan Belanda dengan berbagai nama kelompok, baik berdasarkan etnik maupun paham keagamaan.

IMG-20170925-WA0128

Dengan diterbitkan Keputusan Presiden Nomor 238 tahun 1961, dengan bebragai kelompok kepanduan yang ada di Indonesia waktu itu oleh Presiden Bung Karno, disatukan menjadi menjadi gerakan Pramuka, dan disebutkan tugas gerakan Pramuka adalah mendidik kaum muda Indonesia agar berwatak dan berkepribadian luhur serta memiliki jiwa bela Negara yang handal.

“Pendidikan non formal yang menjadi ciri utama gerakan Pramuka, berperan sebagai komplemen dan suplemen terhadap pendidikan formal untuk melahirkan generasi yang bertanggung jawab pada masa depan”. Ucap Wakapolda.

Sebagai wadah pendidikan luar sekolah dan luar keluarga, gerakan Pramuka sebenarnya memilii banyak kegiatan positif bagi pembinaan kaum muda. Apa bila berbgai kegiatan ini dapat diselenggarakan dengan baik.

“Sangatlah tepat kalian memilih geraka Pramuka sebagai kegiatan ekstra kulikuler diluar sekolah, karena mengikuti sekolah formal saja tidaklah cukup mengingat sangat terbatas waktu untuk mempelajari berbagai pengetahuan dan keterampilan”. Ungkapnya.

IMG-20170925-WA0135

Wakapolda menambahkan, karena itulah satuan karya Pramuka Bhayangkara yang berda dibawah binaan Kepolisian Republik Indonesia merupakan kegiatan yang mengasah, melatih, membina pengetahuan, keterampilan dibidang keamanan dan pelayanan kepada masyarakat. sehingga itulah kegiatan-kegiatan seperti perkemahan satuan karya bhakti Bhayangkara Daerah II tahun 2017akan diteruskan pada perkemahan bhakti satuan karya Bhayangkara Nasional yang akan dilaksanakan oleh Kwartir Nasional.

Wakapolda Maluku Utara Kombes Pol Drs. C.B.S. Nasution. M.Si. Mengharapkan kegiatan ini dapat  dikembangkan dengan melibatkan berbagai pihak dan lebih berbobot nilai kualitas kegatannya, sehingga anggota Pramuka lebih siap untuk menhadapi kegiatan-kegiatan yang akan datang.

Penulis             : Wanto Batjan

Editor              : Alfian Nur

Publish            : Wanta Batjan

 

 

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password