Peduli Kekeringan, Polres Banjarnegara Kembali Resmikan Bak Penampungan Air

Tribratanews.polri.go.id – Polres Banjarnegara kembali meresmikan bak penampungan air setelah sukses merampungkan di Dusun Silangit Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara beberapa waktu lalu.

Kini giliran bak penampungan air di Dusun Karangpucung Desa Wanadri Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara.

Dengan diresmikan secara langsung oleh Kapolres Banjarnegara, AKBP Nona Pricillia Ohei, SIK, SH, MH bak penampungan air bersih yang dibangun dengan gotong royong Polsek Bawang, BKPH Banjarnegara, masyarakat sekitar dan beberapa pihak terkait ini kemudian diberi nama ‘Tirta Karang Balong’, Jumat (22/9/2017).

“Saya sangat bangga atas apa yang dilaksanakan oleh Kapolsek Bawang dan jajarannya. Karena dalam kurun waktu kurang dari satu bulan, Polsek Bawang telah berhasil membuat dua buah bak penampungan air,” ucap Kapolres Banjarnegara.

Menurut Kapolres hal ini merupakan langkah nyata dan bukti kepedulian Polisi kepada masyarakat seperti yang tertuang dalam Program Polisi Tresno Polres Banjarnegara.

Polisi Tresno yang berarti Temoto atau temata, Roso atau rasa, Empati, Subyung atau bekerjasama, Ngamanke atau mengamankan dan Open atau peduli.

Karena dengan pembuatan bak penampungan air diharapkan dapat menjadi solusi jangka panjang yang paling efektif untuk membantu masyarakat pada musim kemarau yang mengalami kesulitan air.

Lebih lanjut, Kapolres menyampaikan bahwa dengan upaya yang dilakukan Polsek Bawang ini diharapkan dapat menginspirasi banyak pihak dalam mengatasi bencana kekeringan pada beberapa tempat di wilayah Banjarnegara.

“Semoga apa yang telah kami lakukan ini dapat menginspirasi banyak pihak sehingga nantinya akan banyak bermunculan bak-bak penampungan air bersih semacam ini ditempat lain,” pungkasnya.

Kapolsek Bawang, AKP Sutardiyana, SH menjelaskan bahwa bak penampungan air ini mengambil sumber mata air yang berada pada tanah pribadi milik warga.

IMG_0015

“Berbeda dari (dusun) Silangit, untuk sumber air Tirta Karang Balong berada di tanah pribadi milik bapak Kasmono. Alhamdulillah beliau sudah mewakafkan sumber air ini untuk dimanfaatkan oleh seluruh warga,” ucap Kapolsek.

Dengan sumber mata air milik Kasmono tersebut, kini Dusun Karangpucung telah memiliki tiga bak penampungan air pada tiga tempat yang berbeda yaitu pada Rt 1/Rw3, Rt 1/Rw 4 dan Rt 2 / Rw 4.

Penulis : Asri

Editor : Alfian

Publish : Asri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password