1500 Penggiat Tenaga Sosial se-DIY Hadiri Jambore Kampung Siaga Bencana

tribratanews.polri.go.id -Jogja, Pemerintah DIY melalui Dinas Sosial DIY bersama Kementrian Sosial Republik Indonesia menggelar Jambore Kampung Siaga Bencana (KSG) se DIY di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Difabilitas (BRTPD) Srihardono, Pundong Bantul, Minggu (24/9/2017). Hal ini dilaksanakan dalam rangka kesiapsiagaan program perlindungan sosial korban bencana alam Tahun Anggaran 2017.

Kegiatan yang diikuti oleh 1500 dari Taruna Siaga Bencana (Tagana), Tim Kampung Siaga Bencana (TKSB) dan Mitra Kerja Dinas Sosial DIY dalam Bidang Perlindungan Sosial dalam Penanggulangan Bencana ini bertemakan “Dengan semangat kerja keras dan kerjasama mewujudkan Indonesia siap dan aman menghadapi bencana”.

Saat Apel Siaga kesiap siagaan penanggulangan bencana, Wakil Gubernur (Wagub) DIY Sri Paduka Paku Alam X bertindak sebagai pengambil apel. Dalam sambutanya, Sri Paduka Paku Alam X menyampaikan Pemerintah Daerah menyambut baik jambore ini mengingat pengalaman kabupaten Bantul dalam penanganan bencana alam mendapatkan apresiasi yang baik dari dalam maupun luar negeri.

Partisipasi masyarakat lanjut Wagub menyampaikan dalam penanggulangan bencana amatlah mutlak diperlukan, bagi kami masyarakat terkecil dipedesaan sangatlah penting sebagai aktor utama kampung siaga bencana (KSB). Dengan adanya jambore ini mekanisme evaluasi dan monitoring KSB yang telah terbentuk dapat diketahui lebih dini dalam rangka mensukseskan tugas penanganan bencana.

“Mudah-mudahan setelah mengikuti jambore ini dapat berbagi pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan sesama peserta dari kota / kabupaten lain”, ucapnya saat mengakhiri sambutan.

Sebelumnya, selama Jambore dilaksanakan berbagai kegiatan perlombaan diantaranya Lomba penataan tenda dan menghias lokasi tenda, Lomba pertolongan pertama gawat darurat, Lomba keposkoan, Lomba penatausahaan lumbung sosial, Lomba pengelolaan dapur umum dan Apel / Simulasi (TAGANA dan KSB).

Selain dihadiri 1500 peserta jambore, dihadiri juga Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementrian sosial RI bapak Dr Harry Hikmat, Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X, Kepala Dinas Sosial Propinsi DIY Drs Untung Sukaryadi MM, Kepala BPBD, Ketua DPRD Kab Bantul dan ketua komisi D DPRD Kab Bantul, Kepala Basarnas DIY Prasetyo Budiarto, Bin Ops Polda DIY Kompol Sucipto, Wakil Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih, Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariyadi SiK MM, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bantul, Muspika Kecamatan Pundong dan Kepala BRTPD.
Hasil perlombaan Juara Umum KSB 2017 yakni KSB Bimomartani, Ngemplak, Sleman.

penulis : Riyo
editor : Alfian
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password