Silaturahmi Kapolda Bersama Paslon, KPU, Bawaslu, dan Tim Pemenangan Cagub Cawagub Provinsi Papua Barat

Tribratanews.polri.go.id-Polda Papua Barat, Dalam rangka mensukseskan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat Tahun 2017, Polda Papua Barat menggelar Silaturahmi Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs. Martuani Sormin, MSi bersama pasangan calon Gubernur / Wakil Gubernur, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Tim Pemenangan serta Partai Pendukung, Jumat (13/1/2017) pukul 16.00 WIT di Hotel Swissbell Manokwari.

Turut hadir Pangdam XVIII Kasuari yang diwakili oleh Kasdam XVIII Kasuaru,Kabinda, Wakapolda Papua Barat, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Pejabat Utama Polda Papua Barat Ketiga paslon, Tim Sukses, Partai Pendukung, dan Media Wartawan.

Jalannya pemilu tentu membutuhkan sinergitas antara Pemerintah, instansi terkait dan masyarakat dengan semangat Pilkada serentak maka Pilkada ini menjadi berani bersifat nasional dalam konteks kebijakan-kebijakan sehingga bisa dikoreksi oleh KPU setingkat diatasnya. Sebagaimana dilaksanakan tahap II Pikada oleh 7 Provinsi di Indonesia dan salah satunya ada di Provinsi kita Papua Barat.

Bersama – sama Pilkada serentak akan dilaksanakan tanggal 15 Februari 2017 nantinya boleh dikatakan Pilkada kurang 1 bulan lagi. Papua Barat merupakan 4 daerah terawan di Indonesia hingga detik ini bisa dikatakan pelaksanaan rangkaian Pilkada masih berada pada tingkat aman berkat kerja keras Polda Papua Barat dan elemen terkait. Dalam konteks kabupaten,  Maybrat merupakan daerah rawan 1, Tambraw menduduki daerah rawan 2, rawan 3 kabupaten Sorong, dan rawan 4 kota Sorong.

Secara umum Pilkada memiliki 3 tahapn yakni Tahapan Persiapan, Pelaksanaaan, dan Evaluasi. Proses kampanye yang berlangsung saat ini dimulai tanggal 24 Oktober 2016 sampai 11 Februari 2017 nantinya dan pemilihan suara akan dilaksanakan tanggal 15 Februari nanti.

Dalam pelaksanaan Pilkada, Bawaslu tentu berharap kepada masing – masing calon untuk menjaga pesta demokrasi agar berjalan dengan baik serta mentaati rambu – rambu berlaku. Bawaslu juga berupaya untuk meminimalisir pelangaran yang dilaksanakan oleh masing – masing calon, walaupun ada sedikit masalah di Kabupaten Maybrat dan Kabupaten Sorong namun secara keseluruhan jalannya Pilkada berlangsung dengan aman dan kondusif menurut Bawaslu Propinsi Papua Barat. Bawaslu turut menyambut baik dengan diadakannya kegiatan seperti ini guna menuju Pilkada Papua Barat yang bersih dan berkualitas.

Pangdam XVIII Kasuari dalam hal ini diwakili oleh Kasdam XVIII Kasuari Brigjen TNI Purnawan W.A. menghimbau kepada pasangan calon agar meminimalisir kejadian yang pernah terjadi agar tidak diulang lagi dalam pelaksanaan Pilkada kali ini.

Abdul Haris Napoleon yang merupakan lulusan Akabri 1988 selaku Kabinda Provinsi Papua Barat mengatakan Kabinda memiliki tujuan untuk mencegah mendeteksi kejadian yang pernah terjadi agar tidak terulang lagi dan Kabinda akan terus berupaya untuk mencegah hal-hal yang diinginkan sebagai Badan Intelijen.

Diawali dengan Mop singkat, Kapolda menyampaikan sambutan dalam acara Silaturahmi ini.

“Terimakasih kepada paslon karena telah hadir dalam acara ini, beliau menghimbau kepada masing -masing calon agar tidak menggunakan kekerasan, Pikada tinggal menunggu 30 hari lagi. Polda Papua Barat akan terus berkoordinasi dengan Kodam XVIII Kasuari dalam rangka Pengamanan Pilkada ini” ucap Kapolda saat menyampaikan sambutan.

Masing – masing kota sudah didistribusikan personil TNI Polri guna mewujudkan Pilkada yang aman. Polda Papua Barat beberapa hari yang lalu juga menerima 200 personil Brimob Mabes Polri.

Pada acara Silaturahmi ini terdapat sesi tanya jawab dan masing – masing calon juga menyampaikan beberapa kata terkait Pilkada mendatang. Berbagai elemen masyarakatàaa mengapresiasi kegiatan ini karena melalui kegiatan ini instansi pemerintah Polri TNI dan panitia Pilkada dapat berkordinasi untuk mensukseskan jalannya Pilkada guna mewujudkan Pilkada yang aman dan kondusif. (Putu Wredhi)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password