PENINGKATAN PELAYANAN PAJAK KENDARAAN : Jogja Hadirkan E-POSTI

Gubernur DIY Sri Sultan HB X bersama Kapolda DIY dan Forkopimda menunjukkan Surat Ketetapan Pajak Daerah PKB/BBN-KB dan SW-Jasa Raharja di hadapan rekan media seusai pembayaran pajak kendaraan dengan sistem E-Posti

tribratanews.polri.go.id  JOGJA – Kini pelayanan Samsat di Yogyakarta semakin mudah dan cepat dalam pembayaran pajak kendaraan, dengan kehadiran program yang diluncurkan bersama oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si dan Direktur Utama Bank Pembangunan Daerah DIY (BPD DIY) Bambang Setyawan yakni sistem Layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor (roda 2 maupun roda 4) secara Online (E-Samsat).

Peluncuran yang dilaksanakan di Kantor Pusat Bank BPD DIY Jalan Panembahan Senopati Yogyakarta akhir tahun yang lalu, Kamis (22/12/2016) ini, mengintegrasikan sistem Pembayaran Pajak tahunan kendaraan Roda 2 maupun Roda 4, dengan Layanan ATM (Automatic Teller Machine) Bank BPD DIY.

Gubernur DIY dalam sambutannya saat peluncuran menyampaikan bahwa E-Samsat ini merupakan terobosan inovasi yang sangat bagus untuk perpajakan DIY Khususnya dan merupakan inovasi yang perdana di Indonesia.

“Saya tadi berbincang-bincang dengan Pak Bambang (Dirut BPD DIY). Beliau mengatakan kepada saya. Dan meminta saya untuk memberi nama alat cetak E-Samsat tersebut. Saya spontan mengusulkan namanya E-POSTI. Yang artinya Posti itu Perkakas Paos Titian. Itu dalam bahasa Jawa. Dalam bahasa Indonesia yang artinya Alat Pajak Kendaraan”, kata Sri Sultan yang disambut tepuk tangan dan riuh dari tamu undangan yang hadir.

Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si mengatakan bahwa layanan e-samsat ini merupakan sebuah inovasi yang sangat bagus. Layanan yang pertama di Indonesia dan diharapkan menjadi Percontohan bagi wilayah lain yang belum menerapkan Samsat Online.

“Ini merupakan terobosan yang sangat baik. Ternyata ini merupakan Layanan pembayaran Pajak kendaraan Online yang pertama di Indonesia yang dilakukan (pembayaran) melalui ATM BPD DIY”, kata  orang yang pernah menjabat menjadi Kapolda Banten ini.

Dalam launching ini dilakukan peragaan cara pembayaran melalui ATM oleh salah seorang wajib pajak. Disaksikan oleh Gubernur DIY dan Kapolda DIY. Tak kurang dari 5 menit pembayaran Pajak melalui ATM sudah selesai. Dilanjutkan penyerahan secara simbolis STNK dari Gubernur kepada Perwakilan Wajib Pajak tersebut.

Penulis : Dheni

Editor : Kang Iqbal

Publis : jay

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password