Iqbal :”Semenjak Dipasang CCTV Pelanggaran Lalu Lintas Menurun Drastis,”

kombes iqbal

Tribratanews.polri.go.id-Polda Jawa Timur,   Inovasi pengaturan dan penindakan lalu lintas terus dilakukan di Jawa Timur. Polda Jawa Timur memanfaatkan teknologi sebagai sarana memaksimalkan itu. Salah satunya adalah menghubungkan kamera pemantau jalan raya seluruh Jatim. Tujuan utamanya menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Kami bisa kembangkan yang sudah ada, regional traffic management centre (RTMC). Ini betul maksimal. Bisa interaktif, jadi nanti hanya dengan memantau CCTV, anggota di lapangan bisa berinteraksi dengan anggota di RTMC,” kata Kapolda Jatim, Irjen Machfud Arifin, seusai acara  olahraga bersama HUT Lalu Lintas ke-62 di Markas Polda Jatim, Surabaya, Jumat, (22/9/ 2017).

Inovasi terbaru dan kini tengah dikembangkan seperti penindakan pelanggaran lalu lintas berdasarkan hasil pemantauan kamera CCTV atau CCTV tilang. Kini masih tahap ujicoba di Kota Surabaya.

“Penindakan berbasis dari CCTV itu sudah dikomunikasikan dengan criminal justice system dengan pihak pengadilan sudah disepakati bisa diberlakukan,” lanjut Jenderal Polisi Bintang Dua didampingi Kabid Humas Kombes Frans Barung Mangera.

Sementara, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Muhammad Iqbal, menegaskan, bahwa sejak sosialisasi CCTV tilang diberlakukan ternyata angka pelanggaran lalu lintas di dua titik ujicoba menurun signifikan.

“ Itu  jelas meembawa manfaat dan menyebutkan rinci berapa persen penurunannya. Pengaruhnya sangat besar,” ujar kombes Iqbal.

Teknologi canggih diperlukan, lanjut Iqbal dengan tujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Menurutnya, kecelakaan terjadi diawali oleh pelanggaran lalu lintas.

“Di Jawa Timur ini, 30 nyawa sia-sia di jalan per hari. Artinya, sebulan 300 nyawa melayang. Itu lebih ngeri dari korban kejahatan perang,” tandas Iqbal.

Penulis : Herry

Editor   : Alfian

Publish : Herry

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password