Kasus SPBU Soekarno Hatta Palu, Polda Sulteng Akhirnya Tetapkan Tersangka

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng – Tim penyidik Subdit 1 Industri dan Perdagangan (Indag) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) akhirnya menetapkan tersangka dalam kasus dugaan kecurangan yang terjadi di Sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jalan Soekarno Hatta, Kota Palu.

Penetapan tersangka kasus itu dilakukan penyidik berdasarkan hasil gelar perkara di Mapolda Sulteng yang dipimpin Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus AKBP Setiadi Sulaksono, selasa (19/9/2017) sore.

Kasubdit 1 Industri Perdagangan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sulteng, AKBP Teddy D Salawati saat dikonfirmasi, selasa malam membenarkan adanya penetapan tersangka dalam kasus tersebut.

“Perkaranya sudah kita gelar tadi, dan diputuskan cukup alat bukti bahwa kasusnya ditingkatkan ke tahap penyidikan dengan menetapkan seorang tersangkanya,” kata Teddy.

Tersangka yang ditetapkan penyidik itu diketahui berinisial DP, supervisor SPBU Soekarno Hatta.

Selain menetapkan seorang tersangkanya, penyidik juga telah memeriksa sebanyak 13 orang mulai dari operator, saksi ahli hingga pemilik SPBU tersebut.

Meski belum ditahan, namun tersangka DP dijerat pasal berlapis yakni pasal 62 junto pasal 8 ayat 1 huruf c Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen sub pasal 32 junto pasal 30 UU Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal.

Sementara itu, untuk kelancaran proses penyidikan, SPBU 73.941.08 Soekarno Hatta milik Sunandar Herly hingga selasa malam masih disegel dan belum beroperasi.

Sebelumnya, SPBU Soekarno Hatta itu disegel petugas gabungan dari Polda Sulteng dan UPT Metrologi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Palu, selasa (29/8/2017) sore.

Penyegelan itu dilakukan karena diduga terjadi kecurangan setelah mengurangi takaran Bahan Bakar Minyak (BBM) di pompa SPBU tersebut.

Tidak hanya SPBU, pihak UPT Metrologi juga mengawasi dan mengecek alat ukur di pasar-pasar seperti literan, timbangan, takaran, dan lain-lain.

Penulis      : Tim
Editor        : Alfian
Publish      : Abdi.s

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password