Narkoba di Kalsel : Lagi – lagi Polisi Ungkap Peredaran Carnophen di Balangan

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan – Kembali jajaran polsek Polres Balangan berhasil ungkap peredaran obat Daftar G dengan tertangkapnya AH (20) yang nekat edarkan pil Carnophen, Jika sehari sebelumnya Polsek Lampihong menangkap pengedar obat Jin di Kantor desa tersebut, hari ini Kamis (21/9/2017) giliran Polsek Juai mengungkap kasus yang sama.

Dari keterangan Kapolsek Juai Ipda M. Naf’an, S.H. penangkapan terhadap AH ini bermula saat salah satu anggota Polsek Juai menyamar jadi pembeli obat Zinet sebanyak 10 biji dengan harga Rp50.000’- kepada pelaku sekitr jam 11.30 di pinggir jalan raya di Desa Marias Kecamatan Juai.

Setelah melakukan transaksi tersebut, anggota langsung memberitahukan kepada anggota lainnya untuk segara mengamankan terlapor. Sedangkan terlapor, setelah menjual obat Jin tersebut langsung berangkat menuju arah kota Paringin.

“Belum sempat bertemu petugas yang mengejarnya, ternyata terlapor sudah jatuh saat berkendaraan di Desa Ninian Kecamatan Juai karena dalam kondisi mabuk Zenith, Petugas yang mendapatinya kemudian melakukan penggeledahan dan ditemukan obat Zenith sebanyak 90 butir dalam satu bungkus plastik yang tersimpan di bagasi sepeda motor AH,” bebernya.

Selain 90 butir Zenith, petugas juga menyita uang sebanyak Rp.69.000,- dari kantong celana yang diduga hasil penjualan obat zenith, Selanjutnya, tersangka dan barang bukti diamankan di Polsek Juai guna proses lebih lanjut.

“Pelaku sendiri terencam dikenakan undang-undang sediaan Farmasi dan atau alat kesehatan yang tidak memiliki ijin edar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 197 UU RI No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan dengan ancaman hukamannya, dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp1.500.000.000,00 (satu miliar lima ratus juta rupiah,” pungkasnya.

Penulis : Sugi, Lois

Editor   : Alfian

Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password