Polres Jakarta Barat Gelar Operasi Obat Keras

Tribratanews.polri.go.id – Polda Metro Jaya, Selasa (19/09/2017) Mengantisipasi semakin maraknya peredaran obat yang dijual tidak sesuai prosedur, Satuan Reserse Narkoba Polres Jakarta Barat melakukan razia di beberapa toko obat, Selasa (19/9). Hasilnya, 37 ribu butir obat ilegal disita.

Razia serentak bersama Suku Dinas Kesehatan Jakarta dan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) DKI Jakarta dilakukan di dua wilayah Jakarta Barat yakni di toko obat Taman Sari dan Cengkareng.

Di dua toko itu, ada 37.145 butir obat tanpa izin edar dan kadaluarsa yang terdiri dari 7.145 butir Tramadol, 1000 butir Exsimer, 29.000 obat berbagai jenis yang masuk daftar G. Selain itu, ribuan obat kuat tanpa izin edar yang disita.

Dari razia itu polisi juga mengamankan satu pemilik toko obat, dua orang penjaga toko dan dua orang pembeli.

“Mereka bisa bisa kena hukuman 15 tahun penjara dan denda Rp15 miliar sesuai pasal 196 dan pasal 197 UU Kesehatan Nomor 36 tahun 2009. Untuk izin bisa dicabut nanti diproses oleh Sudin Kesehatan dan BBPOM”

Kasat Narkoba Polres Jakarta Barat, AKBP Suhermanto menjelaskan operasi ini sebagai bentuk pengawasan peredaran obat yang dilarang atau tidak memenuhi persyaratan keamanan. Pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan Sudinkes Jakarta Barat dan BBPOM DKI Jakarta.

“Ini masih terus berlanjut. Kami akan koordinasi untuk terus melakukan pengawasan serta penindakan,” ujar Kasat Narkoba Jakarta Barat

Editor   : Alfian

Publish : Cindy

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password