Kapolda Bali hadiri ASEAN Public Relation Network

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali,  Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus R. Golose, menghadiri kegiatan ASEAN Public Relation Network (APRN) Secretariat, pada kesempatan itu juga Kapolda Bali menyampaikan presentation membahas edukasi pencegahan kejahatan siber, mendidik masyarakat agar sopan di dunia maya serta bagai mana Public Relation (PR) dan komunikasi mebantu public membangun literasi siber dan santun, bertempat di Hotel The Trans, Kuta Utara, Badung. Kamis, 21/9.

Dalam presentationnya Kapolda Bali pada intinya menyampaikan keberadaan internet memberikan kontribusi dalam perubahan hidup kita, dalam lingkup ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya, serta keamanan Nasional. disamping adanya manfaat internet, internet juga memberikan efek buruk yaitu adanya cybercrime. salah satu yang memanfaatkan internet adalah teroris, yang mana mereka menggunakan internet untuk propaganda, perekrutan, pelatihan, pendanaan, perencanaan dan serangan teror. hal tersebut tentunya berdampak pada keamanan nasional, regional, internasional seperti konflik yang terjadi di Irak dan Siria serta di Filipina dan Myanmar.

Propaganda yang dilakukan melalui internet juga memicu adanya face to face yang bergabung dengan ISIS yang berasal dari Malaysia, Thailand, Singapura, Brunai Darussalam dengan nama Majmuah Nusantara. kerjasama intersektor sangat diperlukan di Asia Tenggara, yaitu kerjasama antara intergovermental, private sector, masyarakat dan juga stake holder terkait, di Asia Tenggara sendiri ada beberapa badan yang menangani masalah cybercrime yaitu AAMTC, ARF dan TELMIN. ASEAN Public Relation Network diharapkan dapat mempromosikan nilai dan etiket dari kegunaan internet. “kerjasama Kepolisian, pemerintah, sektor bisnis, instusi pendidikan, media massa, internet provider dan It ekspert di Asia Tenggara diharapkan dapat mengembangkan sesuatu yang dapat menciptakan kondisi internet yang aman.” Ucap Irjen Pol. Golose.

Kegiatan ASEAN Public Relation Network juga dihadiri oleh Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Drs. Setyo Wasisto, S.H, serta delegasi internasional diantaranya para pimpinan Public Relation, para Praktisi Public Relation, dan para pendidik Public Relation, kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 20 s/d 22 September 2017.

Penulis : Agradiatmika

Editor   : Alfian

Publish : Adhitya Yoga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password