Kapolda Jatim: Pil PCC di Surabaya dari Produsen Purwokerto Jawa Tengah

Tribratanews.polri.go.id-Polda Jawa Timur, Terkait  Bareskrim  Mabes Polri berhasil menggerebek gudang pil Paracetamol Caffein Carisoprodol (PCC) di Perumahan Wisma Permai Timur 1, Surabaya, Jawa Timur ditanggapi oleh Kapolda Jatim, Irjen Machfud Arifin. Kapolda menjelaskan, bahwa Surabaya hanya menjadi transit dan gudang penyimpanan. Sedang produsen ada di Purwokerto, Jawa Tengah.

“Beberapa produsen yang ditangkap ini termasuk di Purwokerto yang jadi produsen terbesarnya. Di sini (Surabaya) itu kan hanya gudang untuk transit. Mungkin diarahkan ke Indonesia Timur. Mungkin bisa saja ke arah Kendari,” kata Jenderal Polisi bintang dua didampingi Kabid Humas Kombes Frans Barung Mangera kepada wartawan, Rabu (20/9/2017).

Ditegaskan, untuk peredaran di wilayah Jawa Timur saat ini belum terdeteksi. “Untuk nendeteksi, nanti anggota saya (Ditresnarkoba) mungkin perlu dilatih lagi untuk penciuman hidungnya supaya lebih tajam,” lanjutnya.

Meski belum ditemukan, pihaknya telah menginstruksikan anggota jajaran Kepolisian di wilayah Jawa Timur untuk melakukan pengawasan dan penertiban apabila ditemukan. “Karena tetap harus diwaspadai, mengingat korban di Kendari sangat banyak. Juga efek samping yang mengerikan. Kami tetap memperintahkan jajaran kepolisian untuk melakukan penertiban. Tapi, sampai saat ini belum ditemukan. Jawa Timur aman,” ujarnya.

Dari penangkapan gudang pil PCC di Surabaya, Bareskrim Mabes Polri menetapkan seorang berinisial H sebagai tersangka yang diduga sebagai distributor pil PCC. Adapun barang bukti yang ditemukan di tempat kejadian perkara (TKP) antara lain 32 karung berisi 1.280.000 butir obat jenis Zenith dan 10 karung berisi plastik kemasan Zenith sebanyak 120.000 lembar.

Ditemukan pula tujuh karton berisi 35.000 butir obat carnophen, 36 roll bertuliskan CPC, sebuah mesin press plastik,  dan 100 botol berisi 100.000 butir dextrometeophan.

Penulis : Herry

Editor    : Alfian

Publish : Herry

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password