Tidak Semua Masalah Harus Ditempuh Dengan Jalur Hukum

Tribratanews.polri.go.id Polda Kalbar – Rabu (20/9/2017) sekira pukul 08.00 Wib , Bripka Yuli Purwanto di dampingi Briptu Al Kadri melaksanakan mediasi di SMP Negeri 2 Sambas.

Menyikapi hal tersebut Kapolsek Sambas menunjuk Bripka Yuli Purwanto selaku Bhabinkamtibmas Desa Durian untuk hadir dalam mediasi tersebut.

Bunga (bukan nama sebenarnya) yang merupakan mantan murid SMPN 2 Sambas datang ke sekolah di dampingi kedua orang tua nya dan mengadukan permasalahan yang di alami pada masa bersekolah di SMP Negeri 2 Sambas sebelumnya, bunga mengadukan perbuatan kawannya yang sering meminta sejumlah uang kepada dirinya membuat “bunga” harus berbuat nekat dengan mencuri sepeda di sekolahnya yang dulu.

Siswa berinisial LH yang di adukan oleh bunga kemudian di panggil kepala sekolah dengan di dampingi oleh orangtuanya, setelah berkumpul kedua belah pihak maka, PLT Kepala sekolah SMPN 2 Sambas Bapak Pawizan, S.Pd, Ek. mulai membuka pertemuan tersebut, dalam kesempatan orang tua dari bunga langsung mendesak pihak sekolah karena anaknya sering di mintain uang oleh LH, dan argumen pembelaan dari orang tua LH juga tidak ketinggalan sehingga Plt Kepala Sekolah menjadi kewalahan karena saling lempar kesalahan.

Menyikapi hal tersebut Bripka Yuli Purwanto memberikan saran untuk permasalahan tersebut jangan di bawa emosi, harus kita hadapi dengan kepala dingin biar menghasilkan yang baik juga dan bisa selesai dengan jalur kekeluargaan, untuk meredakan suasana akhirnya Plt langsung mengambil keputusan dengan memberikan sangsi teguran kepada LH dan membuat surat pernyataan karena telah melakukan pemalakan, dengan keputusan tersebut bisa membuat kedua belah pihak menjadi reda emosinya, kemudian dengan mendatangani surat pernyataan kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan jalan kekeluargaan, setelah kedua belah pihak saling memaafkan mediasi tersebut dinyatakan selesai oleh pihak sekolah.

Penulis: Inyonk
Editor : Alfian
Publish:Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password